Hidup Sehat Sejak Muda, Sejahtera di Masa Tua

Kompas.com - 26/11/2020, 16:28 WIB
Ilustrasi olahraga ShutterstockIlustrasi olahraga

KOMPAS.com – Setiap manusia pasti akan menua, namun proses alamiah ini ternyata dikhawatirkan oleh banyak orang. Perubahan fisik dan masalah kesehatan merupakan hal yang paling ditakuti.

Dalam survei Herbalife Nutrition Asia Pacific Healthy Aging Survei 2020, dengan melibatkan 5.500 responden dari beberapa negara di Asia Pasifik termasuk Indonesia, terungkap penuaan merupakan kekhawatiran utama sebagian besar responden.

“Hasil survei juga menunjukkan, responden berusia 40-50 tahun mulai mengkhawatirkan tentang penuaan. Menariknya, responden dari Indonesia yakin bisa menua dengan sehat,” kata Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi, dalam pemaparan studi secara virtual (25/11/2020).

Lebih dari 80 persen responden di Indonesia mengaku telah mengambil langkah-langkah untuk membantu menua dengan sehat. Antara lain, dengan memperbaiki asupan nutrisi, olahraga regular, melakukan aktivitas yang menstimulus kesehatan mental, hingga mengonsumsi suplemen.

Baca juga: Gampang Sakit dan Jadi Beban Keluarga, Paling Ditakuti dari Penuaan

Memperlambat efek penuaan

Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor, Dr Rimbawan, menjelaskan, penuaan biasanya dimulai di atas usia 40 tahun.

“Laju penurunannya tidak sama, bisa cepat dan dramatis, bisa juga perubahannya lambat atau tidak bermakna,” kata Rimbawan, dalam acara yang sama.

Setiap orang memiliki keinginan agar bisa tetap sehat, bahagia, aktif, mandiri, dan produktif, meski usia terus bertambah.

Menurut Rimbawan, hal itu dapat dicapai dengan memperhatikan asupan nutrisi dan juga rutin berolahraga.

“Tulang yang kuat dan sehat dibangun selama masa remaja dan dewasa muda. Kemampuan tubuh untuk menyimpan kalsium dalam tulang mencapai puncaknya pada usia 30 tahun. Ini adalah masa kritis kita dapat memaksimalkan kepadatan tulang,” kata Rimbawan.

Baca juga: Hati-hati, Diet Rendah Kalori Bisa Berdampak Buruk pada Tulang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X