Remaja Pun Bisa Alami Kolesterol Tinggi, Ini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 26/11/2020, 17:03 WIB
Ilustrasi kolesterol tinggi ShutterstockIlustrasi kolesterol tinggi

KOMPAS.com - Kadar kolesterol yang tinggi biasanya identik dengan orang-orang dewasa atau pun mereka yang berusia lanjut.

Namun, tak jarang juga mereka yang berusia remaja sudah memiliki kadar kolesterol tinggi di usia pertumbuhannya.

Dokter Spesialis Gizi Klinik, Dr Samuel Oetoro, MS, SpGK, mengatakan, faktor genetik dan pola hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan remaja mengalami kondisi semacam itu.

Baca juga: Cara Mudah Cegah Kolesterol Tinggi Selama Pandemi

"Banyak saya temui remaja yang usianya 15-20 tahun kadar kolesterolnya sudah lebih dari 200 mg/dL karena ada faktor genetik dari orangtua."

Demikian dikatakan Samuel Oetoro  dalam diskusi virtual bersama Good Doctor melalui aplikasi Zoom, Kamis (26/11/2020).

"Jadi gennya itu mengalami kelainan, sehingga mengakibatkan produktsi kolesterolnya meningkat," lanjut dia.

Baca juga: Kunyit dan Madu, Tingkatkan Imun hingga Pangkas Kolesterol

Kendati demikian, proses penumpukan kolesterol di dalam tubuh terjadi secara perlahan.

Namun, jika tidak diimbangi dengan pola hidup yang sehat, tidak dipungkiri kondisi tersebu akan menjadi komplikasi di usia muda.

Ada pun komplikasi akibat dari kolesterol tinggi dapat menyebabkan plak yang menghambat aliran darah melalui arteri dan menimbulkan serangan jantung maupun stroke.

"Cara mengatasi penumpukan kolesterol yang dialami oleh remaja adalah dengan menerapkan 25 persen mengonsumsi makanan sehat dan 30 persen rutin melakukan aktivitas fisik," kata dia.

Baca juga: Jus Penurun Kolesterol, Bisa Dibuat dari Buah dan Sayur Apa Saja?

Menurut Samuel, ada beberapa makanan lemak jahat yang harus dikurangi seperti daging merah, kuning telur, dan makanan lainnya yang berminyak.

Sementara itu, perbanyak mengonsumsi makanan dari lemak yang baik antara lain minyak zaitun, buah alpukat, dan berbagai jenis ikan yang mengandung omega 3 tinggi.

Selain mengubah pola hidup yang lebih sehat, harus pula memeriksakan kadar kolesterol ke dokter secara rutin untuk mencegah komplikasi kolesterol di usia muda.

Baca juga: Apa Saja Buah Penurun Kolesterol?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X