Kompas.com - 27/11/2020, 08:54 WIB
Ilustrasi ibu hamil menjaga kehamilan dengan mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi. SHUTTERSTOCK/PraisaengIlustrasi ibu hamil menjaga kehamilan dengan mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi.

KOMPAS.com— Asupan vitamin D memiliki banyak peran vital dalam kesehatan, termasuk para ibu hamil yang menginginkan bayinya tumbuh dengan tulang yang sehat dan kuat.

Menurut studi baru dalam The Journal of Nutrition, peran vitamin D selama kehamilan tak cuma untuk pertumbuhan tulang bayi saja. Para peneliti telah menemukan bahwa kadar vitamin D pada ibu hamil berhubungan dengan tingkat kecerdasan anak mereka.

Studi tersebut menemukan bahwa saat vitamin D ibu dikirim lewat plasenta ke bayinya, hal itu mendukung pertumbuhan janin, termasuk perkembangan otak.

Studi itu dilakukan oleh Melissa Melough dan rekan penelitinya menggunakan data dari studi tahun 2016 tentang kondisi yang mempengaruhi perkembangan neurokognitif dan pembelajaran anak usia dini (CANDLE).  Para ibu hamil yang menjadi responden diundang untuk menganalisis pertumbuhan anak-anak mereka. 

Setelah mereka mengontrol beberapa faktor yang berhubungan dengan IQ anak, para peneliti melihat bahwa tingkat vitamin D yang lebih tinggi dalam kehamilan berhubungan dengan IQ yang lebih tinggi pada anak-anak saat mereka berusia 4 sampai 6 tahun.

Baca juga: Setiap Anak Itu Unik, Ketahui Berbagai Jenis Kecerdasan Anak

 

Ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kadar vitamin D ibu hamil, itu berarti semakin besar peluang anaknya untuk memiliki skor IQ yang lebih tinggi.

Meskipun para peneliti menyebutkan bahwa temuan mereka tidak dapat membuktikan sebab akibat, Melissa percaya bahwa mereka masih memiliki implikasi penting untuk penelitian lebih lanjut.

Kekurangan vitamin D

Studi tersebut juga membahas bagaimana efek kekurangan vitamin D pada ibu a hamil. 

Melissa mengatakan, kekurangan vitamin D memang umum terjadi. Namun sebenarnya, cara mengatasinya cukup mudah yakni, dengan menjalani diet tinggi vitamin D dengan mengonsumsi ikan berlemak, telur, susu, dan sereal serta berjemur di pagi hari.

Jika merasa masih kurang, bisa mengonsumsi suplemen yang sudah dikonsultasikan dengan dokter kandungan.


Baca juga: Perhatikan, Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.