Kebiasaan Sederhana yang Memperkuat Ikatan Orangtua dan Anak

Kompas.com - 27/11/2020, 10:33 WIB
Para orangtua di Jepang terbiasa mengajak anak mereka untuk menyiapkan hidangan untuk makan. iSTOCK/Yagi-StudioPara orangtua di Jepang terbiasa mengajak anak mereka untuk menyiapkan hidangan untuk makan.

KOMPAS.com - Mengasuh anak sejatinya sudah dimulai ketika mereka masih berada di dalam kandungan dan tidak akan pernah berakhir.

Pola pengasuhan inilah yang kemudian membentuk bagaimana ikatan antara orangtua dan anak. Tentu saja, setiap orangtua dan anak memiliki ikatan yang unik dan berbeda-beda.

Namun, seiring bertumbuhnya seorang anak, ikatan ini bisa saja merenggang karena pengaruh sosial maupun lingkungan.

Nah, untuk membantu orangtua tetap memperkuat ikatan bersama dengan anak-anaknya, seorang psikologi anak, Meghna Yadav membagikan kiat-kiatnya seperti dilansir dari Indian Express berikut ini.

Baca juga: Balita Suka Menjerit Tanpa Alasan? Ini Tips untuk Mengatasinya

1. Pentingnya tahun-tahun awal

Keluarga adalah unit pertama yang akan dikenal oleh seorang anak setelah lahir ke dunia.

Sejak lahir hingga delapan tahun pertama kehidupan, otak setiap anak mengalami sejumlah pengalaman luar biasa.

Banyak di antaranya adalah sebagai respons terhadap berbagai rangsangan yang diterima anak yakni percakapan yang mereka dengar, wajah yang mereka lihat, episode kehidupan nyata yang mereka alami.

Orangtua perlu mengetahui kekuatan tahun-tahun awal ini dan berinvestasi secara sistematis dalam menangkap setiap momen yang akan memperkuat ikatan mereka dengan anak.

Di tahun awal ini juga seringkali merupakan periode sensitif. Maka, berinvestasilah di tahun-tahun awal dengan sangat hati-hati dan ketahuilah peluang tersebut.

Baca juga: Balita Sering Memukul Ketika Marah, Ini yang Harus Dilakukan Orangtua

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X