Kompas.com - 27/11/2020, 11:33 WIB

KOMPAS.com— Kasus mimisan pada anak cukup umum terjadi, yang berarti orangtua perlu bersiap menghadapinya.

Kebanyakan mimisan pada anak-anak tak akan berlangsung lama dan hanya seperti pendarahan ringan yang reda dalam beberapa menit.

Terkadang darah mimisan yang keluar seperti sangat banyak hingga mengotori pakaian namun, hal itu tidak akan membuat anak kehilangan banyak darah.

Faktanya, biasanya saat anak mimisan darah yang keluar hanya beberapa sendok makan penuh.

Bahkan jika anak mengalami sedikit pendarahan selama beberapa hari atau minggu, kemungkinan mereka kehilangan jumlah darah yang masuk dalam kategori berbahaya sangatlah rendah.

Mimisan akan berbahaya jika mereka mengeluarkan darah selama terus-menerus selama berbulan-bulan.

Baca juga: Waspadai, Ini 5 Penyebab Mimisan di Malam Hari

Apa penyebab mimisan pada anak?

Kebanyakan mimisan terkait dengan aktivitas biasa yang tak terbahaya seperti terbentur di taman bermain, mengupil, atau bahkan menggunakan tisu terlalu kasar atau terlalu sering.

Mimisan, yang dalam istilah medis dikenal sebagai epistaksis, terjadi ketika pembuluh darah kecil yang rapuh di dalam hidung pecah.

Di dalam hidung, ada lapisan septum tengah, dimana sekumpulan pembuluh darah kecil yang rapuh berada sangat dekat dengan permukaan, yang disebut Little’s Area. Pembuluh darah itu sangat halus dan rapuh. Sehingga, trauma sekecil apa pun dapat menyebabkannya robek, rusak, dan berdarah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.