Cara Sederhana Turunkan Berat Badan Dimulai Dari Sekarang

Kompas.com - 27/11/2020, 11:47 WIB
Ilustrasi mengukur lingkar pinggang shutterstockIlustrasi mengukur lingkar pinggang

KOMPAS.com - Sukses menurunkan dan mempertahankan berat badan bisa dicapai bila kita konsisten melakukan gaya hidup sehat setiap hari dan menjadikannya permanen.

Dengan kata lain, menurunkan berat badan perlu waktu dan ketekunan. Pasalnya, orang yang melakukan program diet terlalu ekstrim, justru kesulitan mempertahankan berat badannya.

"Kita memang harus membatasi produk susu, gula, karbohidrat, dan lainnya, tetapi mulailah secara bertahap," kata Dr.Brian Brown, Doktor bidang Pemulihan Tubuh yang juga praktisi, penulis, dan pembicara.

"Setelah bisa menghilangkan satu kebiasaan buruk, lanjutkan dengan hal lain secara bertahap, sehingga kita memiliki kebiasaan yang lebih sehat secara keseluruhan,” lanjutnya.

Meskipun perlahan, namun cara tersebut lebih mudah dilakukan karena tidak membuat tubuh kita kaget.

Baca juga: 8 Kebiasaan Makan di Berbagai Negara yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang baru memulai program penurunan berat badan, berikut adalah tips sederhana menurunkan berat badan dimulai dari sekarang.

1. Jangan simpan makanan sehat di tempat yang sulit dijangkau

IlustrasiShutterstock Ilustrasi
"Saat kamu membuka lemari es, hal pertama yang kamu lihat biasanya bukanlah sayuran — mengapa? Karena sayuran umumnya disimpan di laci di bagian bawah!” kata Candice Seti, Psy.D., CPT, CNC, Psikolog klinis yang juga merupakan ahli nutrisi.

Akibatnya, saat kamu membuka lemari es untuk mencari camilan, kamu cenderung tidak memilih sayur dan buah.

“Kita cenderung fokus pada apa yang sejajar dengan mata. Padaha kebanyakan makanan yang ada di hadapan kita adalah camilan tidak sehat," kata Candice.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X