Kompas.com - 27/11/2020, 15:58 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Walau gerakannya terlihat pelan, tetapi sebenarnya yoga merupakan latihan olahraga yang berat. Di samping menguji ketahanan tubuh, yoga juga membutuhkan mental yang kuat dan kesabaran.

Anda mungkin punya kenalan atau justru Anda sendiri yang sudah rutin berlatih yoga. Namun, bagaimana cara mengetahui apakah yoga merupakan latihan yang tepat untuk kita? Sebenarnya tubuh kita mengetahuinya.

Menurut Eoin Finn, pengajar di Yoga Mind Body Medicine di Ucluelet, British Columbia, Kanada, tubuh akan mengirim sinyal untuk memberitahu kita sudah saatnya berlatih yoga. Seperti apakah sinyal itu?

1. Tubuh terasa tegang

Ketegangan pada tubuh berarti kita membutuhkan beberapa gerakan dinamis dari yoga.

"Secara umum, saat orang baru mengenal yoga, saya memperhatikan ada banyak ketegangan dan kekakuan pada tubuh mereka," kata Finn.

"Saya melihat tubuh yang tidak fleksibel ini sebagai gejala di dalam tubuh tetapi akar penyebabnya seringkali ada di pikiran."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Gerakan Yoga Sederhana untuk Mengatasi Bahu dan Leher Tegang Akibat WFH

2. Napas yang pendek

Napas pendek menunjukkan kita sedang mengalami stres. Kondisi ini bisa diubah dengan mempelajari cara bernapas yang benar melalui yoga.

"Ada kurangnya kesadaran tentang bagaimana mengatur tubuh menuju keadaan damai dan jernih," sebut Finn.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.