Kompas.com - 28/11/2020, 13:40 WIB
Ilustrasi anjing tua shutterstockIlustrasi anjing tua
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setiap makhluk hidup pastinya akan mejadi tua seiring waktu. Dan, hal itu juga berlaku bagi hewan peliharaan kita.

Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing yang menua akan kehilangan penglihatan dan pendengaran, dan tidak akan selincah sebelumnya.

"Sama seperti manusia, kebanyakan hewan ingin memiliki tempat yang nyaman untuknya, terutama saat sudah tua," ujar Hyunmin Kim, DVM, dokter hewan di American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA).

Karenanya, pemilik hewan juga sebaiknya memberi perhatian dan perlakuan khusus bagi  hewan-hewan yang lanjut usia. Bagaimana caranya?

Merancang zona aman bagi hewan di dalam rumah

Karena hewan yang buta dan tuli lebih rentan terhadap kecelakaan dan cedera, atur ulang struktur barang-barang di rumah.

"Sediakan zona aman untuk anjing dengan tempat tidur empuk, mangkuk makanan dan air," ujar Dr Katy Nelson, dokter hewan senior di Chewy.com.

"Untuk kucing yang tua atau cacat, pastikan kotak pasirnya berada di lokasi yang mudah dijangkau," kata Kim.

"Singkirkan kabel dan benda lain dari lantai yang bisa menyebabkan hewan jatuh atau tersandung. Pindahkan tanaman dan barang pecah belah ke tempat yang jauh dari jangkauan kucing atau anjing."

Baca juga: Kenali Gejala Anjing Peliharaan yang Mengalami Depresi

Terapkan tindakan pencegahan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X