Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2020, 09:18 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

 

KOMPAS.com - Rasa lapar muncul sebagai sinyal penanda bahwa tubuh membutuhkan makanan. Namun, rasa lapar terkadang juga muncul tak lama setelah selesai mengisi perut.

Kondisi ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari gaya hidup tidak sehat hingga masalah psikologis yang kita alami. Memahami penyebab cepat lapar akan membantu menemukan cara untuk mengatasinya.

Ada beragam faktor yang menjadi penyebab cepat lapar. Tak hanya disebabkan jenis makanan yang kita konsumsi, beragam faktor seperti kondisi tubuh, gaya hidup, dan pengobatan yang dijalani juga turut memicu masalah ini.

Berikut ini beberapa faktor yang menjadi penyebab cepat lapar:

1. Terlalu banyak mengonsumsi gula

Mengonsumsi makanan maupun minuman dengan gula tambahan dapat meningkatkan nafsu makan.

Menurut sebuah studi yang dirilis pada tahun 2015, mengonsumsi terlalu banyak gula, terutama fruktosa meningkatkan produksi ghrelin, hormon yang mengatur rasa lapar. Hal ini kemudian memengaruhi otak dan membuat kita merasa kurang kenyang.

Baca juga: Awas, Konsumsi Makanan Manis Bisa Bikin Kita Makan Berlebihan

2. Kurang minum

Dehidrasi dapat menjadi penyebab cepat lapar. Beberapa penelitian menyebut, minum cukup air dapat membantu kita merasa kenyang.

Studi pada tahun 2014 meneliti efek asupan air terhadap wanita yang kelebihan berat badan. Peneliti meminta partisipan untuk meminum 0,5 liter air sebelum mereka makan pagi, siang, maupun malam setiap hari.

Setelah 8 minggu, para partisipan mengalami penurunan berat badan. Selain itu, mereka juga mengalami penurunan nafsu makan.

Baca juga: 8 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Kita Kurang Minum

3. Kurang mengonsumsi serat

Selain penting untuk mencegah sembelit dan menjaga pencernaan tetap sehat, serat makanan juga berperan dalam mengendalikan rasa lapar.

Menurut The Food and Nutrition Board, pria dewasa sebaiknya mengonsumsi 38 gram serat per hari. Sementara itu, wanita dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi 25 gram serat per hari agar tidak merasa cepat lapar.

Baca juga: 4 Cara Makan Lebih Banyak Serat agar Tubuh Lebih Sehat

4. Terlalu banyak mengonsumsi garam

Sejumlah penelitian menyebut bahwa mengonsumsi garam secara berlebihan dapat membuat orang cepat lapar dan makan lebih banyak.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 48 orang dewasa pada tahun 2016, peserta yang mengonsumsi makanan tinggi garam makan lebih banyak dibandingkan mereka yang mengonsumsi makanan rendah garam.

Selain dapat membuat cepat lapar, mengonsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi juga berdampak buruk bagi kesehatan jantung.

Baca juga: Ingin Turunkan Berat Badan? Coba Diet Tanpa Garam

5. Kurang istirahat

Tidak beristirahat dengan cukup dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Hal ini berpotensi meningkatkan rasa lapar pada beberapa orang.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com