8 Hal Penting yang Terlewatkan Jika Mempertahankan Toxic Relationship

Kompas.com - 30/11/2020, 17:15 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Kebahagiaan memang tidak punya definisi yang mutlak.

Namun, memiliki relasi yang sehat dengan pasangan yang tepat bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan hal-hal baik dalam hidup, termasuk kebahagiaan.

Sayangnya, jika kamu terjebak dalam hubungan yang toksik (toxic relationship), kemungkinan kamu akan melewatkan hal-hal kecil yang bisa membawa kebahagiaan dalam hidup.

Mempertimbangkan kembali apakah kamu sudah berada di jalan yang benar atau tidak bisa membantumu untuk lepas dari hubungan yang tidak sehat lebih awal.

Jika menemui kebuntuan dan kebingungan, jangan ragu untuk meminta bantuan profesional.

Lalu, apa saja hal-hal penting yang dapat terlewatkan jika seseorang memutuskan bertahan dalam hubungan yang tidak sehat?

1. Waktu untuk diri sendiri
Waktu dan ruang privasi memang sulit didapatkan dalam kondisi hubungan seperti apapun.

Namun, ketika hubungan dengan pasangan sudah menyedot hidupmu dan kamu memilih bertahan dalam kondisi itu, kamu akan semakin jauh dari kebahagiaan-kebahagiaan kecil itu.

Me time diperlukan untuk mengisi kembali energi tubuh.

Jika kamu sudah kelelahan dan tertekan hanya karena masalah pasangan, kamu mungkin selalu merasa me time yang kamu miliki tidak pernah cukup.

Baca juga: Ciri-ciri Hubunganmu dengan Orang Terdekat Bersifat Toksik

Halaman:


Sumber Bolde
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X