Kompas.com - 01/12/2020, 16:56 WIB
Ilustras PexelsIlustras

KOMPAS.com - Masih banyak orangtua yang menghindari perbincangan mengenai seks dengan anak-anaknya karena menganggap topik itu tabu.

Padahal, memiliki percakapan yang terbuka seputar seks justru dapat mempersiapkan anak-anak untuk menghadapi dunia luar dan tentunya bagaimana melindungi diri dan memiliki kesehatan reproduksi yang sehat.

Kabar baiknya adalah para remaja sebenarnya ingin berbicara dengan orang tuanya tentang seks dan akan sangat dapat berdampak positif pada pengambilan keputusan seksual mereka.

Nah, bagi orangtua yang masih canggung untuk memulai percakapan terkait seks, berikut ini ada 4 tips sederhana memberikan edukasi seks kepada anak-anak.

1. Mulailah lebih awal

Beberapa orangtua belum memberikan edukasi seks pada anak remaja karena mereka belum berhubungan seks.

Seharusnya, percakapan ini harus dilakukan jauh sebelum itu. Seorang pakar pendidikan hubungan dan seksualitas menjelaskan alasannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Edukasi Seks untuk Anak, Apa yang Perlu Dilakukan Orangtua?

Ketika anak-anak masih kecil, orangtua memegang tangan mereka saat menyeberang jalan, mengajari untuk berhati-hati, secara bertahap meningkatkan kemandirian sampai mereka dapat menyeberang sendiri.

Ini juga berlaku dalam pendekatan yang harus diambil untuk membicarakan seks. Semakin awal dimulai, semakin mudah. Bisa dimulai dengan mengenali bagian tubuh, kesehatan reproduksi, dan seterusnya. Percakapan yang dilakukan sejak anak usia dini adalah yang terbaik.

Aturan utamanya adalah jika seorang anak cukup dewasa untuk mengajukan pertanyaan, mereka sudah cukup dewasa untuk mendapatkan jawaban yang jujur dari orangtua.

Halaman:


Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.