Kompas.com - 02/12/2020, 08:53 WIB

KOMPAS.com - Para penderita Covid-19 harus menjalani isolasi, entah itu isolasi mandiri di rumah atau di rumah sakit, sesaat setelah terbukti mengidap virus tersebut.

Alasannya -tentu saja, adalah agar risiko penularan dari mereka yang terinfeksi dapat ditekan dengan tidak berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. 

Penelitian mengungkapkan, virus corona menjadi paling menular sekitar dua hari sebelum gejala dimulai, dan lima hari setelah menunjukkan gejala.

Penelitian lain menyebutkan, beberapa pasien yang sakit parah atau memiliki gangguan sistem kekebalan dapat menularkan virus tersebut selama 20 hari.

Baca juga: Isolasi Sosial Berdampak Buruk Bagi Kesehatan, Ini Cara Mengatasinya

Sementara, analisis terbaru menyebut, dalam kasus ringan beberapa pasien mungkin menularkan virus hidup selama sekitar satu minggu saja.

Sederet kesimpulan itu tentu menimbulkan kebingungan, bukan?

Lalu, haruskah waktu isolasi menjadi dipersingkat? Atau justru harus diperpanjang dengan berbagai risikonya bagi kehidupan sosial.

Rekomendasi pengurangan tempo isolasi

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat merekomendasikan agar orang yang terinfeksi mengisolasi diri minimal 10 hari sejak mengetahui diri mengidap Covid-19.

Namun, saat ini sebuah diskusi resmi sedang berlangsung terkait pertimbangan untuk memperpendek periode isolasi tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber NY Times
Rekomendasi untuk anda
TANYA PAKAR - PARENTING
Ini 7 Tanda Pasangan Sudah Siap Menikah
Ini 7 Tanda Pasangan Sudah Siap...
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.