Manfaat Minyak Ikan untuk Hewan Peliharaan

Kompas.com - 03/12/2020, 16:56 WIB
Ilustasi hewan peliharan di rumah, anjing dan kucing. SHUTTERSTOCK/New AfricaIlustasi hewan peliharan di rumah, anjing dan kucing.

KOMPAS.com - Selain bermanfaat bagi manusia, minyak ikan ternyata juga baik untuk hewan peliharaan kita di rumah.

Jika kita memiliki anjing atau kucing, maka kedua hewan ini bisa memperoleh manfaat dari nutrisi dan mineral yang ditemukan di dalam minyak ikan.

"Nutrisi teratas dalam minyak ikan termasuk asam lemak omega, yang bagus untuk fungsi kulit, persendian, jantung, dan otak hewan peliharaan," kata Dr Ryan Rucker, juru bicara DVM dan Zesty Paws.

"Saya biasa menggunakan minyak ikan untuk anjing dan kucing saya demi kesehatan kulit, bulu dan penyangga sendi, dan minyak ini juga bagus bagi jantung dan otak," imbuhnya.

Namun, pemberian suplemen ini kepada hewan peliharaan tidak bisa sembarangan. Kita perlu berkonsultasi dengan dokter hewan.

Rucker menyarankan apa saja yang perlu diketahui tentang pemberian minyak ikan kepada hewan peliharaan, serta manfaat di baliknya.

Baca juga: Kenali Gejala Anjing Peliharaan yang Mengalami Depresi

Pemberian minyak ikan kepada hewan peliharaan

Secara umum, minyak ikan diberikan kepada hewan sebagai tambahan cairan untuk makanan mereka.

" Hewan peliharaan sering mengira itu adalah camilan, meskipun beberapa hewan tidak menyukai rasa atau bau amis," sebut Rucker.

"Bagi hewan yang tidak suka rasa atau bau amis, ada juga minyak ikan yang bisa dikunyah dengan lembut."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X