Olahraga Selama 12 Menit Bisa Sehatkan Metabolik

Kompas.com - 03/12/2020, 17:46 WIB
Peserta acara Borobudur Ride bersepeda di kawasan Borobudur Magelang, Jawa Tengah, Minggu (22/11/2020). Kegiatan dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-25, Kompas.com diselenggarakan untuk membangun semangat optimisme dan membawa pesan positif di situasi pandemi Covid-19. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOPeserta acara Borobudur Ride bersepeda di kawasan Borobudur Magelang, Jawa Tengah, Minggu (22/11/2020). Kegiatan dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-25, Kompas.com diselenggarakan untuk membangun semangat optimisme dan membawa pesan positif di situasi pandemi Covid-19.

KOMPAS.com— Status kesehatan metabolik yang baik ditandai dengan kadar gula, trigliserida dan kolesterol, serta tekanan darah dalam level normal.

Untuk mencapainya, selain menjaga pola makan kita juga perlu rutin bergerak aktif. Nah, menurut penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Circulation, berolahraga singkat selama 12 menit dapat meningkatkan kesehatan metabolik.

Untuk kamu yang baru mau memulai olahraga dan ingin rutin menjalaninya, pilihlah olahraga yang ringan terlebih dahulu, seperti bersepeda atau jogging.

Dalam penelitian tersebut, tim ahli mengambil data dari Framingham Heart Study yang melibatkan 411 pria dan wanita paruh baya.

Tim peneliti mengamati tingkat 588 metabolit yang beredar, yaitu zat yang diproduksi selama metabolisme, seperti asam amino, asam lemak, lipid, karbohidrat, dan sebagainya. Kadarnya diukur sebelum dan segera setelah 12 menit olahraga berat.

Mereka menemukan bahwa olahraga singkat pun memiliki efek yang signifikan, dan berdampak pada lebih dari 80 persen metabolit yang diukur.

Baca juga: Memahami Sindrom Metabolik dan Cara Mencegahnya

Kabar baik lainnya adalah dalam waktu 12 menit itu tidak perlu langsung berolahraga berat untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

Para peneliti menggunakan protokol yang dimulai dengan latihan bertahap mulai dari yang lebih ringan hingga menjadi lebih intens melalui peningkatan ketahanan, dan peserta masih menunjukkan keunggulan metabolik.

Saat kita berolahraga, bahkan untuk waktu yang relatif singkat, terjadi kontraksi otot yang meningkatkan jumlah metabolit yang diproduksi. Ini akan menghasilkan lebih banyak energi untuk beraktivitas.

Selain itu, ada juga dampak kesehatan lain yang akan kita dapatkan selain efek jangka pendek pada otot rangka.

Halaman:


Sumber Bicyling
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X