Kompas.com - 04/12/2020, 06:06 WIB
Koleksi bunga anggrek di Kampoeng Anggrek Kediri, Jawa Timur, Minggu (11/2/2018). KOMPAS.com/M AGUS FAUZUL HAKIMKoleksi bunga anggrek di Kampoeng Anggrek Kediri, Jawa Timur, Minggu (11/2/2018).

KOMPAS.com - Bunga anggrek memang cantik dan termasuk bunga favorit untuk menghias interior rumah. Sayangnya, seringkali tanaman anggrek yang kita beli tak kunjung berbunga walau sudah dirawat lama.

Di dunia terdapat lebih dari 25.000 jenis tanaman anggrek, dan 4.000 jenis di antaranya tersebar di berbagai pulau di Indonesia, seperti Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Papua, dan pulau-pulau lain.

Beberapa jenis anggrek yang tumbuh di Indonesia, yaitu Phalaenopsis, Vanda, Paphiopedilum, Dendrobium, Coelogyne, Bulbophyllum, Cymbidium.

Semua jenis tersebut tidak hanya cantik, namun juga menjadi incaran bagi pecinta anggrek dan memiliki nilai tinggi.

Nah, jika kita ingin memelihara anggrek sebagai penghias ruma atau pun untuk dijual lagi, ketahui triknya agar tanaman ini lebih rajin berbunga.

Baca juga: Cerita Musimin 20 Tahun Selamatkan Anggrek Hutan Gunung Merapi, Khawatir dengan Ancaman Erupsi

1. Mempertimbangkan arah sinar matahari

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sinar matahari merupakan faktor penting bagi pertumbuhan anggrek karena menjadi sumber energi yang berguna dalam proses fotosintesis.

Proses inilah yang akan membuat anggrek tumbuh lebih baik, terutama dalam pembentukan daun, bunga, dan biji tanaman tersebut.

Sinar matahari juga berfungsi memperbaiki bagian tanaman yang rusak, serta menyimpan cadangan makanan.

Oleh karena itu, perhatikan lebih dulu apakah rumah kita tersinari matahari dengan baik atau tidak, demi memastikan usia tanaman anggrek.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.