Saat Hotel Mewah di Paris Jadi Hunian untuk Tunawisma

Kompas.com - 04/12/2020, 12:07 WIB
Hotel Avenir Montmartre yang berada di Paris, Perancis. REPRO BIDIK LAYAR VIA GOOGLE STREETVIEWHotel Avenir Montmartre yang berada di Paris, Perancis.

KOMPAS.com - Umumnya, hotel menjadi tempat singgah pelancong yang sedang melakukan perjalanan lintas wilayah atau bahkan di negara.

Namun, tidak demikian dengan Hotel Avenir Montmartre yang berada di Paris, Perancis.

Sebelum era pandemi, hotel ini memiliki daya tarik khusus bagi turis, karena menawarkan pemandangan menakjubkan dari kamar hotel ke arah Menara Eiffel dan gereja ikonik Sacre Coeur.

Kini, sejak Covid-19 mewabah, hotel tersebut beralih fungsi dari penginapan menjadi hunian bagi tunawisma.

Manajemen hotel menyerahkan kamar kepada badan amal tunawisma Emaus Solidarite, untuk digunakan menampung orang-orang yang tak memiliki tempat tinggal dan tidur di jalanan.

Ibrahim, pencari suaka dari Mali -negara di Afrika Barat, adalah salah satu tunawisma yang sekarang tinggal di Hotel Avenir Montmartre.

Jika tidak berada di hotel itu, ia akan tidur di dapur restoran tempat dia mengambil pekerjaan paruh waktu atau tidur di jalanan kota Paris.

"Saat saya baru tiba di Paris, saya tidak mengenal siapa pun. Saya mondar-mandir di perumahan sementara, kadang tidur di dapur, atau di samping tong sampah," tutur Ibrahim mengisahkan.

Di Hotel Avenir Montmartre, biaya kamar ditanggung oleh badan amal.

Tunawisma yang tinggal di sana mendapat makan tiga kali sehari di ruang sarapan hotel, dan setiap kamar memiliki televisi dan kamar mandi.

Halaman:


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X