Kompas.com - 04/12/2020, 12:12 WIB
Ilustrasi kucing himalaya. SHUTTERSTOCK/RIANA AMBARSARIIlustrasi kucing himalaya.

KOMPAS.com - Seperti manusia, kucing juga punya kepribadian yang berbeda-beda.

Beberapa kucing juga punya sifat pencemburu, atau setidaknya terlihat seperti cemburu.

Dilansir The Spruce Pets, alasan kucing mengalami cemburu kurang lebih sama sepetti manusia.

Mereka merasa cemburu ketika merasa diabaikan atau lingkungan mereka berubah secara drastis atau tiba-tiba.

Rasa cemburu pada kucing bisa dipicu oleh peristiwa-peristiwa berikut:
1. Ketika pemiliknya memberi perhatian pada objek lain, baik manusia atau pun hewan lain. Hal ini menjadi kemungkinan utama, terutama jika kamu biasanya menghabiskan waktu bermain dengannya. Mungkin juga dia cemburu dengan kehadiran anggota keluarga baru, seperti bayi atau hewan peliharaan lain. Hal sederhana seperti ponsel atau barang hobi lainnya juga bisa memicu kecemburuan kucing.
2. Kurangnya sosialisasi ketika kucingmu masih kecil juga bisa menyebabkan dia jadi ketergantungan padamu dan menunjukkan rasa kecemburuannya di beberapa kesempatan.
3. Perubahan rutinitas harian yang tiba-tiba, termasuk jadwal makan, juga bisa memicu masalah perilaku seperti kecemburuan.
4. Kurangnya ruang pribadi, tempat tidur, atau kepemilikan lainnya juga memicu perilaku cemburu jika kucingmu meraaa terancam dengan hewan lain.

Baca juga: Kucing Ternyata Juga Bermimpi, Sudah Tahu?

Tanda kucing cemburu
Perilaku umum ditunjukkan kucing jika dia cemburu termasuk mendesis, menggeram dan menampar objek yang membuat kucing cemburu, seperti ponselmu ketika kamu dan dan memegang ponselmu dalam waktu lana.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kucing yang cemburu juga dapat mengganggu ruang pribadimu, misalnya ketika kamu sedang menggendong bayi atau video game.

Selain itu, kucing mungkin juga mencoba untuk duduk di pangkuanmu saat kamu berpelukan dengan orang lain atau hewan lain, bukannya dengan mereka.

Kucing yang cemburu bisa menjadi lebih agresif dan mulai menggaruk atau menggigit.

Perasaan itu juga dapat menyebabkan perilaku yang merusak, termasuk mengunyah atau merobek-robek furnitur, tirai, dan barang lainnya, bahkan membuat barang-barang di atas lemari atau meja terjatuh dan pecah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.