Kompas.com - 04/12/2020, 20:38 WIB
Ilustrasi media sosial shutterstockIlustrasi media sosial

KOMPAS.com - Ketika remaja yang lelah dengan pandemi Covid-19 beristirahat, apa yang harus mereka lakukan dengan diri mereka sendiri?

Biasanya, remaja sangat suka berkumpul dan bermain bersama dengan teman-temannya untuk mengisi kembali energi mereka.

Namun apa daya, di masa pandemi ini semua orang sebaiknya tetap berada di rumah, dan khususnya para remaja harus memiliki cara sendiri untuk mengisi waktu luang.

Berikut adalah tiga cara remaja menghabiskan waktu luang mereka, dan manfaat, serta tantangan khusus yang menyertainya.

1. Terhubung dengan media sosial

Anak-anak muda sering menggunakan waktu senggang mereka untuk mengirim pesan kepada teman-teman atau memeriksa akun media sosial mereka.

Baca juga: Media Sosial Pemicu Depresi? Coba Pahami Dulu Fakta Ini...

Di masa pandemi ini, remaja mengandalkan platform media sosial untuk terhubung dengan teman sebaya dan mengikuti berita utama.

Menghabiskan waktu online dapat meningkatkan percakapan yang menyenangkan dengan teman, mendapatkan meme yang cerdas, atau kabar baik tentang tim olahraga favorit mereka.

Namun, beralih ke media sosial sebagai cara untuk menyegarkan diri, bisa menjadi pertaruhan yang berisiko tinggi bagi remaja, terutama dalam konteks pandemi.

Jill Walsh, seorang sosiolog Universitas Boston yang mempelajari penggunaan teknologi di kalangan remaja menemukan fakta tentang hal ini.

Dia menyebut, dengan lebih sedikit interaksi tatap muka telah membuat banyak remaja merasa adanya ketidakpastian pada persahabatan mereka.

Halaman:
Baca tentang


Sumber NY Times
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X