Kompas.com - 04/12/2020, 21:13 WIB
Ilustrasi diabetes shutterstockIlustrasi diabetes

KOMPAS.com - Sebuah penelitian mengungkapkan, orang dengan diabetes berisiko mengembangkan Covid-19 yang lebih parah dibandingkan orang-orang lainnya.

Penelitian tersebut dilakukan oleh para peneliti dari King's College London di Inggris dan diterbitkan belum lama ini.

Dilansir Healthline, para peneliti mengevaluasi pasien diabetes yang dirawat di rumah sakit karena Covid-19.

Mereka menemukan bahwa pasien yang memiliki komplikasi yang dikenal sebagai retinopati diabetik lebih mungkin mengembangkan masalah pernapasan parah dari Covid-19 dibandingkan pasien lain.

Pasien dengan retinopati diabetik memiliki risiko lima kali lebih besar untuk diintubasi dan memakai ventilator untuk bantuan bernapas, dibandingkan pasien diabetes lainnya.

"Ini adalah pertama kalinya retinopati dikaitkan dengan Covid-19 parah pada penderita diabetes," kata penulis utama studi, Dr. Antonella Corcillo, dalam siaran persnya.

Retinopati adalah penanda kerusakan pada pembuluh darah, dan hasil penelitian Corcillo bersama rekan-rekannya menunjukkan bahwa kerusakan pembuluh darah yang sudah ada sebelumnya dapat mengakibatkan infeksi Covid-19 yang lebih parah dan membutuhkan perawatan intensif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Rutin Kontrol Gula Darah Pasien Diabetes Cegah Keparahan Covid-19

Mengapa retinopati diabetik menimbulkan keparahan?
Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, retinopati diabetik adalah salah satu bentuk komplikasi diabetes melitus, di mana kadar gula yang tinggi pada akhirnya mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah retina mata, terutama di jaringan-jaringan yang sensitif terhadap cahaya.

Kondisi ini dapat diderita oleh siapapun yang menderita diabetes tipe 1 maupun 2, terutama mereka yang gula darahnya tidak terkontrol dan telah menderita diabetes dalam jangka waktu yang lama.

Retinopati diabetik itu sendiri tidak menyebabkan Covid-19 yang lebih parah.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.