Kompas.com - 05/12/2020, 14:23 WIB
Ilustrasi PEXELS.com/Karolina GrabowskaIlustrasi

KOMPAS.com - Pandemi membuat kita perlu mengendalikan pengeluaran sebaik mungkin. Tapi di satu sisi menjelang akhir tahun biasanya banyak promo, diskon, dan penawaran menarik lainnya yang menggoda sehingga minat belanja menjadi tinggi.

Walau kita tak pergi ke mal, namun tawaran diskon besar dari market place dan toko online rasanya sayang untuk dilewatkan.

“Belanja online dirancang untuk membuat kegiatan belanja semudah mungkin. Selain itu, sangat sedikit hambatan untuk membeli barang," ujar psikolog klinis Dr Emma Hepburn kepada Independent.

"Hal ini mendorong banyak orang untuk membeli barang secara impulsif tanpa benar-benar memikirkannya," tambah dia.

Hepburn mengatakan, saat memasukkan barang ke keranjang belanja, checkout, dan kemudian menerimanya, ada makna tersirat yang memicu sistem penghargaan otak.

Baca juga: Nonton Fashion Show Sambil Belanja, Cara Baru Menikmati Tren Mode

Hal ini memberikan perasaan senang yang membuat seseorang merasa nyaman. Tak sedikit yang kemudian ketagihan belanja online.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila tidak dikendalikan, tentunya akan memicu pemborosan pengeluaran. Terlebih kadang barang yang dibeli sebenarnya tidak dibutuhkan.

"Belanja online bisa menjadi hiburan tersendiri dalam jangka pendek karena harus berada di rumah saja. Tapi dalam jangka panjang, orang mungkin merasa khawatir dengan kondisi keuangannya," jelas Hepburn.

Belum lagi di situs e-commerce terkadang ada fitur 'beli sekarang, bayar nanti' atau dikenal dengan istilah 'paylater'.

Banyak juga pengguna yang memanfaatkan fitur tersebut ketika melihat suatu barang dan ingin membelinya tapi tidak punya cukup uang. Padahal, pilihan itu malah memperbesar jumlah cicilan yang harus dibayarkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X