Kompas.com - 06/12/2020, 09:34 WIB
Ilustrasi makan shutterstockIlustrasi makan

KOMPAS.com - Laju metabolisme menentukan seberapa cepat tubuh bisa membakar kalori. Metabolisme yang cepat umumnya akan membantu seseorang menghindari timbunan lemak di tubuhnya.

Tak heran beberapa orang selalu berusaha meningkatkan metabolisme tubuhnya dengan berbagai cara.

Tapi di sisi lain, ada kebiasaan yang bisa memperlambat metabolisme. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Sarapan tinggi gula

Sarapan penting untuk memberi tenaga ketika hendak memulai rutinitas. Karena alasan itu, beberapa orang kemudian sarapan dengan makanan manis, agar memperoleh banyak energi.

Padahal pilihan makanan saat sarapan tak boleh asal. Terlalu banyak konsumsi makanan manis yang tinggi gula seperti sereal, roti manis, atau donat, dapat menyebabkan kadar gula darah tubuh meningkat drastis.

Pada gilirannya hal ini dapat membuat tubuh merasa lesu ketika makan siang tiba. Ini juga memengaruhi suasana hati.

Gula dalam makanan manis juga berperan dalam proses metabolisme. Konsumsi gula berlebihan memperlambat metabolisme.

Baca juga: 5 Makanan Ini Diam-diam Tinggi Gula

2. Tidur hanya 5-6 jam

Tubuh memerlukan tidur yang cukup agar bisa bekerja dengan baik. Para ahli menyarankan setiap orang untuk memiliki tidur berkualitas 7-8 jam setiap harinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X