6 Perawatan Diri yang Harus Dilakukan Wanita di Usia 30-an

Kompas.com - 06/12/2020, 10:13 WIB
Ilustrasi perempuan shutterstockIlustrasi perempuan

KOMPAS.com - Rutinitas yang padat kadang membuat seseorang kurang merawat dirinya. Padahal perawatan diri sangat penting untuk kesehatan.

Merawat diri bukan semata fokus pada penampilan. Tapi juga mempertahankan kekuatan otot, meningkatkan kebahagiaan, mengelola stres, dan menjaga kesehatan.

Sebaiknya perawatan diri dimulai di usia 20-an. Namun belum terlambat jika dilakukan saat menginjak usia 30-an.

Terpenting adalah menyediakan waktu untuk merawat diri agar bisa menemukan keseimbangan dalam hidup.

Berikut beberapa cara yang dianggap terbaik untuk merawat diri  

1. Berolahraga

Berolahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Luangkan waktu paling tidak 150 menit per minggu untuk berolahraga.

Baca juga: Sedikit Olahraga Saja Bisa Bikin Panjang Umur, Simak Penjelasannya

2. Perhatikan kesuburan

Banyak orang yang memiliki cita-cita menikah lalu punya anak. Untuk bisa mewujudkannya, maka kesuburan harus diperhatikan.

Menurut Dr Kartin Hammarberg dari Monash University, waktu terbaik untuk mendapatkan kehamilan adalah sebelum usia 30 tahun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X