Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sayangi Keluarga, Pola Asuh Joe Biden yang Bisa Kamu Contoh

Kompas.com - 06/12/2020, 12:54 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Amerika terpilih Joe Biden dikenal sebagai orang yang dekat dengan keluarga. Ia bahkan mengaku tak bisa jauh dari anak-anaknya.

Hal ini ia ungkapkan dalam pidatonya sebagai Wakil Presiden di Hari Kelas Universitas Yale pada tahun 2015 lalu.

Saat itu, Biden berbicara tentang bagaimana dia rela naik kereta 4 jam setiap hari selama 37 tahun, dari kantor Senat di Washington ke kampung halamannya di Delaware, agar tetap bisa bersama anak-anaknya.

Biden bertekad menjalani ini agar bisa menidurkan anak-anaknya di malam hari dan sarapan bersama mereka di pagi hari.

Ia mengerti bahwa keputusannya ini membuatnya harus menempuh perjalanan jauh setiap hari. Namun bagi Biden, ini adalah hal penting.

“(Karena) segalanya dapat berubah dalam sekejap. Tapi (saat) melihat ke belakang, sejujurnya, alasan sebenarnya saya pulang ke rumah setiap malam adalah karena saya membutuhkan anak-anak saya lebih dari mereka membutuhkan saya,” ujar Biden.

Ini hanyalah salah satu contoh pola asuh yang dilakukan Joe Biden. Berikut gaya parenting lain yang juga mungkin bisa ditiru oleh kamu para orangtua:

Pengorbanan orangtua untuk anak tak bisa diukur

Ketika istri pertamanya Neilia Hunter dan putrinya Naomi, tewas dalam kecelakaan mobil, , Biden dikatakan telah mempertimbangkan untuk mengundurkan diri dari Senat untuk merawat putranya, Beau dan Hunter, yang juga menjadi korban kecelakaan mobil dan terluka parah.

Dalam pengantar untuk ayahnya di Konvensi Bangsa Demokrat 2008, putra Joe, Beau Biden, mengatakan bahwa ayahnya hampir tidak ingin dilantik karena mengetahui pekerjaannya akan mengharuskannya menghabiskan waktu terpisah dari anak-anaknya.

Karena memilih untuk tetap mendampingi anak-anak yang sedang berjuang untuk sembuh, Joe biden akhirnya dilantik sebagai senator di samping tempat tidur rumah sakit putranya.

Karena hal ini dan sikapnya pada anak-anak, putranya, Beau, menggambarkan Joe Biden sebagai ayah tunggal yang berbakti.

Baca juga: Presiden AS Terpilih Joe Biden dan Kesetiannya pada Ray-Ban Aviator

Keluarga adalah yang utama

Dalam wawancara di The Tonight Show dengan Jimmy Fallon pada tahun 2016, terungkap bahwa Biden selalu menekankan pada stafnya untuk mengutamakan keluarga mereka di atas segalanya.

Dalam sebuah memorandum kepada stafnya sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat, yang dibacakan Fallon, Biden mengatakan kepada stafnya:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com