Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Makanan Berwarna Kuning Lebih Menggugah Selera

Kompas.com - 07/12/2020, 16:05 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Penampilan atau unsur visual makanan sama pentingnya dengan rasa dan aroma makanan itu sendiri.

Selain penataan makanan yang cantik, warna makanan juga dapat menggugah selera. Seni dari pewarna makanan membantu kita membedakan tiap hidangan dan produk makanan yang satu dari yang lain.

Isyarat visual ini menstimulasi selera makan kita, bahkan sebelum mencicipinya, yang kemudian akan meningkatkan rasanya yang enak.

Salah satu warna makanan yang banyak dipakai adalah kuning. Dalam survei yang dilakukan oleh Mintel GNPD pada produk baru yang diluncurkan antara tahun 2015-2019 di Asia Pasifik terungkap, warna kuning paling sering digunakan.

Produk makanan dan minuman sehari-hari yang menggunakan pewarna kuning antara lain makanan bayi, sereal, keripik, saus, keju olahan, es krim, serta mi instan.

Baca juga: Amankah Pewarna Makanan Buatan untuk Anak?

Kepopuleran warna ini sangat terkait dengan tradisi kuliner. Warna kuning identic dengan buah-buahan yang matang, sayuran, rempah nusantara, bahkan keju yang lezat.

Makanan berwarna kuning akan menimbulkan sensasi kelimpahan, ceria, dan kebahagiaan dalam diri kita. Seseorang bisa dengan mudah membayangkan pohon jeruk dengan buahnya yang kuning matang atau sawah yang siap panen.

Pewarna kuning

Warna kuning secara alami terbentuk dalam bentuk riboflavin (vitamin B2), karoten, kurkumin, atau karthamus, yang diekstrak dari tanaman termasuk kunyit.

Akan tetapi, dalam industri makanan kebanyakan yang dipakai adalah pewarna buatan. Salah satu yang umum digunakan adalah tartrazine, pewarna makanan yang terbuat dari minyak bumi.

Beberapa penelitian menyebut pewarna sintetis ini berpotensi bahaya yaitu memicu hiperaktivitas pada anak, alergi, serta asma, sehingga sudah diatur penggunaannya. Di beberapa negara sudah dilarang sama sekali, tetapi di Indonesia diijinkan dengan aturan batas maksimal penggunaannya.

Pewarna tartrazine diidentifikasi sebagai E102, FD&C Yellow 5, Food Yellow 4 atau C.I. 19140. Sedangkan warna kuning alami yang diperoleh dari kunyit ditandai sebagai kurkumin CI 75300 dan beta karoten CI 75310.

Baca juga: 4 Bahan Pewarna Kuning Alami untuk Makanan, Safron hingga Lemon

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com