Kompas.com - 07/12/2020, 22:44 WIB
Ilustrasi makan berlebihan shutterstockIlustrasi makan berlebihan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Makanan yang enak dan lezat dapat membuat kita tergoda. Namun, keinginan yang besar untuk menyantap segala makanan dapat berujung pada perilaku makan berlebihan (overeating).

Risiko yang ditimbulkan akibat overeating adalah berat badan yang meningkat. Peningkatan berat badan ini dapat berdampak pada kesehatan kita.

Nah, agar kita tidak makan berlebihan, kita perlu tahu apa yang menyebabkan seseorang makan berlebihan, karena bisa jadi kita melakukannya tanpa sadar.

1. Makanan dengan potongan kecil

Kita cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan jika jenis makanan tersebut berpotongan kecil, menurut studi yang dilakukan Penn State University.

Beberapa orang menjadi lebih sering mengambil makanan berukuran kecil, misalnya kacang, keripik, dan lainnya, karena merasa apa yang dimakannya tidak seberapa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam studi, para peneliti mengambil sereal dengan potongan biasa dan menghancurkannya sehingga ukurannya lebih kecil dari ukuran aslinya.

Peneliti kemudian meminta 41 orang dewasa makan sereal untuk sarapan satu kali seminggu, selama empat minggu.

Setiap minggu, partisipan menuangkan versi serpihan atau potongan sereal dengan ukuran berbeda.

Saat mengonsumsi sereal yang sudah dihancurkan sehingga membentuk serpihan kecil, peserta menuangkan sereal tersebut dengan volume lebih rendah, namun lebih padat sehingga mengonsumsi lebih banyak kalori.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
MORE-ABOUT-SEX-EDUCATION
4 Gangguan Ini Jadi Penyebab Siklus Menstruasi Enggak Lancar!
4 Gangguan Ini Jadi Penyebab Siklus...
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.