Kompas.com - 08/12/2020, 08:44 WIB
Ilustrasi bekerja dari rumah atau work from home (WFH). (Dok. Vlada Karpovich - Pexels) Ilustrasi bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

KOMPAS.com— Meski sudah berbulan-bulan bekerja dari rumah (work from home/WFH), namun tak sedikit orang yang sulit menemukan batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Padahal, membangun keseimbangan antara kehidupan kerja dan pekerjaan penting dilakukan agar kamu tak cepat lelah. Siapa pun pasti akan kewalahan jika harus mengurus anak yang rewel dan juga tumpukan deadline.

Untuk kamu yang juga sedang berjuang unutk membuat batasan dunia pekerjaan dan ranah pribadi sehari-hari, hal berikut ini mungkin bisa kamu terapkan:

1. Jangan langsung bekerja setelah bangun tidur

Miliki anggapan bahwa kamu bukanlah mesin yang selalu bisa bekerja setelah dinyalakan.

Sebelum membuka leptop untuk bekerja, lakukan sesuatu untuk menenangkan diri. Buat sarapan yang bergizi atau nikmati secangkir kopi, akan membuatmu lebih bersemangat sekaligus merasa hidup. 

Matthew Knight, pendiri Leapers, komunitas pendukung untuk wiraswasta, menyebut ini sebagai "perjalanan kreatif". Memulai pagimu dengan suatu aktivitas sebelum mulai bekerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ciptakan 'pergeseran mental' yang sangat nyata dari rumah ke kantor, bahkan jika kamu tidak secara fisik berpindah di antara dua ruang,” ujar Knight.

Baca juga: 5 Jenis Musik yang Cocok Didengarkan agar WFH Produktif

2. Pertahankan rutinitas pagi seperti biasa

Ciptakan rutinitas harian bersama anggota keluarga. Jika anak-anak memakai seragam selama sekolah online, kita juga bisa menerapkannya dengan memakai "pakaian kerja" sebelum membuka laptop.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.