Kompas.com - 08/12/2020, 13:30 WIB
Ilustrasi tidur, kantuk di siang hari FreepikIlustrasi tidur, kantuk di siang hari

KOMPAS.com - Tidur siang biasanya identik dengan anak-anak. Padahal, jika dilakukan orang dewasa mempunyai banyak manfaat kesehatan asalkan durasinya pas.

Tidur siang bisa menjaga daya tahan tubuh, membuat otak semakin fokus, memperkuat daya ingat dan konsentrasi, serta mencegah penyakit jantung dan stroke.

Waktu untuk memulai tidur siang tidak sama bagi tiap individu, bergantung pada situasi dan kondisi kesehatan masing-masing. Namun, lamanya tidur perlu diatur agar kita mendapatkan istirahat berkualitas di siang hari.

Menurut spesialis kesehatan tidur Nancy Foldvary-Schaefer, DO, MS, durasi tidur siang yang pas adalah kurang dari satu jam.

"Anda juga bisa tidur lebih awal, sebelum pukul dua atau tiga siang. Jika Anda bisa tidur siang selama 15 atau 20 menit, itu lebih baik," katanya.

Nancy mengingatkan, durasi tidur siang yang terlalu lama bisa berdampak negatif.

Baca juga: Yuk Coba, Tidur Siang Kilat Agar Tubuh Lebih Segar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tidur siang selama satu jam atau lebih meningkatkan risiko Anda untuk tertidur lelap. Jika ini terjadi, Anda akan bangun dengan apa yang kami sebut 'sleep inertia'," sambungnya.

Sleep inertia adalah istilah yang mengacu pada kondisi ketika kita merasa linglung dan jengkel atau uring-uringan setelah bangun tidur.

Tidur siang yang kita lakukan bisa jadi tidak terasa menyegarkan. Lebih parahnya lagi, kita akan mulai menciptakan "utang tidur".

Kita mulai membuat utang tidur sejak bangun di pagi hari. Pada titik tertentu, kita berada dalam kondisi yang mengharuskan kita untuk tidur. Sering kali kita jadi susah tidur di malam hari.

"Jika waktu tidur malam terganggu, waktu bangun pagi dan waktu tidur Anda dapat berubah-ubah, yang menyebabkan masalah tidur kronis."

Baca juga: Jangan Tidur Siang Lebih dari 1 Jam, Berisiko Buruk untuk Kesehatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.