Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2020, 09:55 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Guardian

KOMPAS.com - Tanaman hias kini menjadi bagian dari dekorasi di dalam rumah. Tapi tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kita ingin meletakkan tanaman di dalam ruangan. Salah satunya adalah pencahayaan.

Tanaman membutuhkan cahaya untuk bertahan hidup dan berfotosintesis. Ada beberapa tanaman hias indoor yang tidak memerlukan sinar matahari langsung. Namun tetap perlu mendapatkan cahaya.

Sayangnya terkadang mata tidak bisa diandalkan sepenuhnya untuk mengukur tingkat cahaya yang tepat bagi tanaman hias.

Tapi jangan khawatir, ada aplikasi pengukur cahaya gratis yang bisa dimanfaatkan. Setelah aplikasi tersebut diunduh di ponsel, buka dan arahkan kamera ke kaca jendela.

Aplikasi dapat mendeteksi tingkat cahaya yang didapatkan. Begitu juga saat menggeser langkah ke sudut tertentu untuk melihat pencahayaan.

Baca juga: 8 Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat

Secara umum, jarak satu meter dari jendela merupakan tempat yang akan mendapat cahaya terang. Namun ada faktor lain yang memengaruhi.

Misalnya ke mana arah jendela menghadap, ukuran jendela, dan benda-benda di sekitar jendela yang mungkin menghalangi cahaya masuk.

Menaruh benda tepat di jarak ini akan meninggalkan bayangan gelap yang sangat tajam. Di sisi lain tempat ini kurang nyaman untuk duduk dan membaca.

Tapi sebagian besar tanaman hias menyukai tempat ini. Contohnya kaktus dan sukulen, serta tanaman dari iklim tipe Mediterania seperti bugenvil dan pelargonium.

Sedangkan jarak 1-2 meter dari jendela biasanya adalah sweet spot. Tempat ini mendapatkan cahaya terang tapi tidak langsung, terutama untuk jendela yang menghadap ke utara.

Tingkat pencahayaan di tempat ini ideal untuk sebagian besar tanaman hias. Tanaman tetap mendapatkan cahaya tapi tidak terlalu tinggi sehingga daunnya tidak terbakar.

Tanaman yang pas untuk diletakkan di sini antara lain anggrek ngengat, monstera, hingga pakis.

Baca juga: Tips Sirami Anggrek agar Tumbuh Subur

SukulenBlaine Moats via BHG Sukulen

Tempat ini juga posisi paling nyaman untuk duduk dan membaca tanpa harus menyipitkan mata. Bayangan ibjek di tempat ini akan menyebar sehingga hampir tidak terlihat.

Terakhir, jarak lebih dari 2 meter dari jendela akan digolongkan sebagai tempat dengan cahaya rendah.

Hanya sedikit tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di sini. Contohnya aspidistra dan zamioculcas.

Baca juga: Tak Hanya Indah, 16 Tanaman Ini Bisa Bersihkan Udara dari Polutan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Guardian
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com