Kisah Pemain Catur yang Dianggap Queen's Gambit di Dunia Nyata

Kompas.com - 09/12/2020, 12:42 WIB
Beth Harmon, karakter pemain catur perempuan dalam serial The Queen Gambits (kiri) dan pecatur Vera Menchik. InsiderBeth Harmon, karakter pemain catur perempuan dalam serial The Queen Gambits (kiri) dan pecatur Vera Menchik.

KOMPAS.com - Serial drama ' The Queen's Gambit' yang tayang pada akhir Oktober 2020 menjadi serial yang paling banyak ditonton di Netflix. 

Tokoh utama dalam serial ini adalah perempuan pecatur bernama Beth Harmon yang memiliki keterampilan bermain catur dan memiliki prestasi gemilang di dunia yang didominasi laki-laki.

Harmon yang diperankan oleh aktris Anya Taylor-Joy sebenarnya adalah karakter fiksi. Tapi di dunia nyata ada pula perempuan yang memiliki kisah hidup serupa.

Dia adalah Vera Menchik yang dijuluki Beth Harmon kehidupan nyata oleh Chess.com.

Perempuan asal Inggris ini berhasil membuktikan bahwa perempuan mampu berprestasi di tengah permainan yang didominasi laki-laki.

Menurut biografi hidupnya yang ditulis oleh Robert Tanner, Menchik merupakan perempuan pertama yang menjadi Juara Catur Dunia pada tahun 1927.

Baca juga: Sinopsis The Queens Gambit, Langkah Anya Taylor-Joy Menjadi Pecatur Terbaik Dunia

Tak hanya itu, Menchik berhasil menjadi perempuan pertama yang bermain di turnamen catur kelas atas khusus laki-laki.

Tumbuh besar di Rusia

Menchik lahir di Moskow, Rusia, pada 1906. Dia merupakan anak dari pasangan Author Wellington dan Marie Illingworth.

Ayahnya adalah manajer perkebunan untuk bangsawan Rusia. Sedangkan ibunya seorang pengasuh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X