Kompas.com - 10/12/2020, 12:50 WIB
Tim pengangkut vaksin Covid-19 Sinovac mengecek kesiapan sebelum pemberangkatan ke Indonesia dari Beijing, Cina Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat PresidenTim pengangkut vaksin Covid-19 Sinovac mengecek kesiapan sebelum pemberangkatan ke Indonesia dari Beijing, Cina

KOMPAS.com - Uji coba dan pengembangan vaksin untuk mengatasi pandemi Covid-19 di seluruh dunia mulai menemui titik terang.

Pada Minggu (6/12/2020) kemarin, sekitar 1,2 juta vaksin Covid-19 yang dibawa dengan pesawat kargo khusus dari Beijing tiba di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta.

Seluruh vaksin tersebut adalah buatan Sinovac Biotech Ltd., perusahaan biofarmasi asal China.

Namun, di tengah kabar baik ditemukannya vaksin untuk menangkal Covid-19, masyarakat dihadapkan dengan pertanyaan besar seputar keamanan vaksin.

Baca juga: Kabar Baik dari Vaksin Oxford untuk Lawan Infeksi Covid-19

Apalagi dalam kabar terbaru yang dilansir BBC menyebut, ada dua pekerja National Health Service (NHS) Inggris menerima vaksin Pfizer dan mengalami reaksi alergi.

Lantas, apakah mungkin ada vaksin Covid-19 yang aman digunakan, tanpa efek samping?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tentang pertanyaan itu, Profesor Stephen Evans dari London School of Hygiene and Tropical Medicine memberikan jawabannya.

Menurut dia, setiap obat yang ampuh akan mempunyai efek samping.

"Jika yang dimaksud benar-benar tanpa efek samping, maka tidak ada vaksin yang 'aman' atau obat yang 'aman'."

"Setiap obat efektif memiliki efek yang tidak diinginkan," kata Evans.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X