Kompas.com - 10/12/2020, 19:33 WIB

KOMPAS.com— Popok sekali pakai memang praktis untuk dipakai bayi dan balita dan bisa membantunya lebih anteng. Namun, semakin lama anak terbiasa memakainya, makin sulit untuk melatihnya melakukan toilet training.

Tak ada patokan usia yang bisa digunakan untuk menandai bahwa seorang balita sudah harus menggunakan toilet saat buang air, ketimbang menggunakan popok skali pakai atau diaper.

Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa balita tak mau menggunakan toilet, berikut lima diantaranya:

1. Anak belum siap

Jika beberapa anak siap menggunakan toilet pada usia 18 atau 20 bulan, sebagian besar tidak siap sampai mereka berusia tiga tahun atau bahkan empat tahun.

Tanda-tanda bahwa anak sudah siap untuk meninggalkan popok adalah popok basah yang semakin sedikit, sudah bisa merasakan ingin pipis atau buang air besar, membenci popok kotor, dapat membuka pakaian dan bisa bilang saat ingin ke toilet.

Itu sebenarnya adalah daftar tanda kesiapan toilet training.

Jika anak tampak belum menunjukkan kesiapannya, tak ada salahnya untuk terus mencoba latihan dengan menggunakan pispot. Namun, yang perlu dicatat, jangan memaksakan kehendak pada mereka.

Banyak anak yang masih mengompol sepanjang malam sampai mereka berusia tiga, empat, atau bahkan lima tahun. Pada usia tiga tahun, anak seharusnya sudah menunjukkan tanda-tanda kesiapan latihan dengan pispot.

Baca juga: Mengapa Anak Ngompol Lagi dan Bagaimana Mengatasinya?

2. Anak sedang menghadapi transisi

Halaman:
Sumber Moms.com


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.