Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/12/2020, 11:32 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Moms.com

KOMPAS.com— Menjadi ibu memang bukan peran yang mudah. Meski seorang ibu memiliki banyak momen bahagia dan tawa, namun di antara momen-momen itu terkadang ada air mata, rasa sakit, kemarahan, dan stres.

Ada pasang surut dalam perjalanan seorang ibu dan tak jarang harus memikul beban berat. Entah itu anak yang sulit diasuh, masalah ekonomi keluarga, hingga masalah di kantor untuk ibu yang bekerja.

Jadi tidak mengherankan bahwa di tahun 2020, dimana kita semua berjuang, para ibu yang mengalami kelelahan mental dan fisik atau yang dikenal dengan istilah burnout adalah hal yang nyata.

Di hari-hari biasa sebelum pandemi, sejak bangun tidur ibu sudah harus memikirkan menu apa yang akan disajikan untuk keluarga, bagaimana mengajarkan anak menjalani latihan menggunakan toilet, hingga pekerjaan lain yang harus dihadapi.

Baca juga: 60 Persen Ibu Rumah Tangga Mengeluh Soal Uang Selama Pandemi

Pada tahun 2020, semuanya berubah. Di samping semua tuntutan, tanggung jawab, dan pemicu stres ibu yang biasanya, kini ibu juga harus berurusan dengan pandemi yang mengubah banyak hal dalam hidup.

Begitu banyak ibu yang kini bekerja dari rumah tanpa batas waktu, anak-anak yang belajar dari rumah melalui program pembelajaran jarak jauh sekolah, dan pekerjaan rumah lainnya.

Pandemi telah memengaruhi ibu yang bekerja dan dan karier mereka secara masif.

Data menyebutkan bahwa 54 persen perempuan yang kehilangan pekerjaan karena pandemi. Serta, satu dari empat perempuan berpikir untuk meninggalkan karier mereka di masa ini.

Banyak keluarga yang secara finansial terkena dampak pandemi, kehilangan pekerjaan atau kehilangan atau pengurangan pendapatan. Hal ini menambah tingkat stres dan kekhawatiran yang lebih besar.

Mencoba menyeimbangkan antara bekerja dari rumah dengan mengasuh anak setiap saat sementara juga berurusan dengan semua hal lain, sejujurnya, terlalu berat untuk ditanggung. Ibu menjadi kehabisan tenaga.

Baca juga: Kelamaan di Rumah Bikin Orangtua Emosian, Ada 4 Cara Mengatasinya

Halaman:
Sumber Moms.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com