Anjing Kena Diabetes, Pemiliknya Pun Mungkin "Tertular", kok Bisa?

Kompas.com - 11/12/2020, 12:09 WIB
Ilustrasi anjing dan kucing. SHUTTERSTOCK/CHENDONGSHANIlustrasi anjing dan kucing.

KOMPAS.com - Sebuah kesimpulan dari penelitian terdahulu mengisyaratkan, pemilik yang kelebihan berat badan cenderung memiliki hewan peliharaan yang lebih gemuk juga.

Mungkin, hal ini terjadi karen perilaku kesehatan yang sama, antara si majikan dan peliharaannya.

Misalnya, pola makan berlebihan atau tidak berolahraga secara teratur. Hal itu pun berlaku pada anjing peliharaan.

Baca juga: 4 Alasan yang Bikin Anjing Menjilat Secara Berlebihan

Namun belakangan, sebuah riset observatif terbaru menemukan kesimpulan unik, yang menyebut risiko diabetes, antara anjing dan pemiliknya pun sama.

Namun demikian, kesimpulan tersebut hanya berlaku pada anjing, dan tidak pada hewan peliharaan lain, seperti kucing dan yang lainnya.

Dalam riset itu terlihat, orang yang memiliki anjing dengan diabetes tipe 2 memiliki peluang 38 persen lebih berisiko mengalami penyakit yang sama.

Dalam penelitian ini, Beatrice Kennedy dari Universitas Uppsala di Swedia, dan rekannya menggunakan data asuransi dari perusahaan asuransi hewan peliharaan terbesar di Swedia.

Para peneliti menggunakan 10 digit nomor identifikasi nasional dari pemilik untuk mendapatkan kesehatan anonim.

Baca juga: Anjing Suka Menjulurkan Lidah ke Wajah Tuannya, Kenapa?

Dari sana didapatkan data 208.980 pemilik dan anjingnya, serta 123.566 pemilik dan kucingnya.

Ternyata data menunjukkan, seekor anjing dengan diabetes bisa dikaitkan dengan 38 persen peningkatan risiko diabetes tipe 2 pada pemiliknya, dibandingkan dengan memelihara anjing yang sehat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X