Kompas.com - 11/12/2020, 16:48 WIB
Ilustrasi tertawa DragonImagesIlustrasi tertawa

KOMPAS.com - Sistem kekebalan tubuh menjadi hal yang penting di masa pandemi ini. Menjaga pola makan dan rajin berolahraga merupakan upaya yang bisa ditempuh untuk membangun sistem kekebalan.

Namun, rupanya perasaan yang kita alami juga bisa memengaruhi sistem kekebalan.

Stres --misalnya, bisa mengacaukan sistem kekebalan sehingga tubuh rentan terpapar penyakit. Sebaliknya, perasaan bahagia akan memperkuat kondisi tubuh.

Satu studi pada tahun 2003 membuktikan bagaimana perasaan seseorang berdampak pada daya tahan tubuh.

Mengutip Healthline, dalam studi tersebut peneliti dari Carnegie Mellon University, Pittsburgh, AS memberikan virus flu kepada 300 peserta studi.

Peserta studi yang merasa tidak bahagia berpeluang terserang flu tiga kali lipat lebih besar daripada mereka yang bahagia.

Manfaat kebahagiaan untuk sistem kekebalan juga dibenarkan Julienne Bower, PhD, profesor psikologi dan psikiatri dan peneliti di Cousins Center for Psychoneuroimmunology di UCLA.

Baca juga: 6 Tips Dongkrak Kekebalan Tubuh di Tengah Musim Flu

"Terkadang lebih mudah meningkatkan kebahagiaan orang daripada mengurangi stres," kata Bower.

Karena itu, langkah-langkah untuk meningkatkan kesejahteraan eudaemonik (termasuk memiliki ikatan sosial dan tujuan hidup) dapat membantu menjaga daya tahan tubuh selama pandemi.

Dari dua studi yang diterbitkan di tahun 2019, Bower dan rekannya sesama peneliti menemukan hasil menarik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X