Kompas.com - 12/12/2020, 13:39 WIB
Ilustrasi tanaman lidah mertua Sanseviera stuckyi. SHUTTERSTOCK/IZZ HAZELIlustrasi tanaman lidah mertua Sanseviera stuckyi.

KOMPAS.com - Snake plant atau Sansevieria atau lidah mertua adalah tanaman hias yang cukup populer di kalangan pencinta tanaman.

Perawatannya yang mudah mungkin menjadi alasan mengapa banyak orang menjadikan lidah mertua sebagai tanaman hias pilihan untuk mempercantik rumah.

Lidah mertua adalah tanaman yang tangguh, kuat dan dapat bertahan hidup di lingkungan yang relatif kering, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Selain dapat menjadi bagian dari dekorasi ruangan, setidaknya ada empat manfaat lidah mertua bagi kesehatan:

1. Penyaring udara ruangan
Menurut Healthline, mirip dengan jenis sukulen rumah tangga lainnya, lidah mertua dapat membantu menyaring udara dalam ruangan.

Tanaman ini menjadi unik karena hanya salah satu di antara segelintir tanaman yang dapat mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi oksigen di malam hari.

Kualitas ini menjadikannya tanaman yang ideal untuk dekorasi kamar tidur karena dapat membantu mengatur aliran udara yang sehat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cocok untuk Kamar Tidur, 7 Tanaman Hias Ini Bikin Tidur Nyenyak

2. Menghilangkan polutan beracun
Lidah mertua juga dikenal karena kemampuannya membantu menghilangkan polutan udara beracun.

Meskipun kontribusinya terbilang kecil, lidah mertua dapat menyerap polutan penyebab kanker, antara lain CO2, benzene, formaldehyde, xylene, dan toluene.

Dengan kemampuan menyerap dan mengeluarkan racun berbahaya, tanaman ini dapat berperan sebagai perlindungan yang cukup efektif terhadap alergi udara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.