Kompas.com - 13/12/2020, 14:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Suntikan filler di bagian pipi memang bisa mengubah penampilan menjadi lebih muda dengan cepat. Bentuk wajah juga bisa dikoreksi agar lebih menarik.

Filler pada pipi, sering disebut juga dengan dermal filler, bisa dilakukan untuk membuat pipi yang mulai kendur menjadi lebih berisi dan kenyal, memberikan volume, hingga menyamarkan kerutan dan membuat wajah lebih tirus.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan filler pipi.

1. Pelajari bentuk wajah

Sebelum melakukan filler, penting untuk mempelajari pipi. Lihatlah ke cermin, lalu perhatikan bentuk wajah ketika tersenyum atau ekspresi datar.

"Filler di pipi secara signifikan mengubah kontur wajah saat istirahat dan tersenyum. Penting untuk melihat bentuk wajah sebelum dan sesudah filler lewat foto augmentasi."

Demikian yang diungkapkan ahli bedah plastik wajah kata ahli bedah plastik wajah Kelly V. Bomer, MD.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melihat perubahan bentuk wajah, dapat memberi pemahaman tentang suntikan yang akan diberikan dan dampaknya pada gerakan alami wajah.

Baca juga: Memahami Perbedaan Filler dan Botoks

2. Pertimbangkan efek domino

Dokter dermatologi Linda C. Honet, MD mencatat ada kekhawatiran terkait dampak filler pipi pada bagian wajah lain yang mungkin jadi kurang menonjol.

Halaman:


Sumber New Beauty
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.