Kompas.com - 13/12/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Ketika ada masalah kulit di wajah biasanya kita langsung mengaitkannya dengan kosmetik atau pun tidak cocoknya produk skincare. Padahal, banyak hal yang dapat memengaruhi kondisi kulit, termasuk pola makan yang buruk.

Menurut dermatologis Rosemarie Ingleton, MD, perubahan pola makan walau sederhana dapat mengatasi beberapa masalah kulit.

Berikut ulasannya seperti yang diungkap Eat This.

1. Garis halus dan kerutan muncul lebih dini

Masalah kulit yang satu ini tidak selalu karena penuaan, tapi bisa juga menandakan seseorang terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan gula.

Jika kerutan mulai muncul di wajah, cobalah untuk menghindari minuman alkohol karena bersifat diuretik sehingga bisa menyebabkan dehidrasi. Selain itu, alkohol juga menyedot kelembapan alami kulit. 

Jika kerutan hanya ada di dahi, penyebabnya mungkin gula. Menurut pemetaan wajah, dahi berkaitan dengan saluran pencernaan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi, jika terlalu banyak makanan manis yang mengganggu bakteri di usus, maka bisa menyebabkan kerutan di dahi.

Baca juga: Rahasia Awet Muda Wulan Guritno, Tak Konsumsi Gula

2. Jerawat

Timbulnya jerawat menandakan kita kebanyakan mengasup makanan dengan indeks glikemik yang terlalu tinggi. Indeks glikemik memengaruhi kadar gula darah dan insulin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X