Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/12/2020, 17:00 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Ketika ada masalah kulit di wajah biasanya kita langsung mengaitkannya dengan kosmetik atau pun tidak cocoknya produk skincare. Padahal, banyak hal yang dapat memengaruhi kondisi kulit, termasuk pola makan yang buruk.

Menurut dermatologis Rosemarie Ingleton, MD, perubahan pola makan walau sederhana dapat mengatasi beberapa masalah kulit.

Berikut ulasannya seperti yang diungkap Eat This.

1. Garis halus dan kerutan muncul lebih dini

Masalah kulit yang satu ini tidak selalu karena penuaan, tapi bisa juga menandakan seseorang terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan gula.

Jika kerutan mulai muncul di wajah, cobalah untuk menghindari minuman alkohol karena bersifat diuretik sehingga bisa menyebabkan dehidrasi. Selain itu, alkohol juga menyedot kelembapan alami kulit. 

Jika kerutan hanya ada di dahi, penyebabnya mungkin gula. Menurut pemetaan wajah, dahi berkaitan dengan saluran pencernaan.

Jadi, jika terlalu banyak makanan manis yang mengganggu bakteri di usus, maka bisa menyebabkan kerutan di dahi.

Baca juga: Rahasia Awet Muda Wulan Guritno, Tak Konsumsi Gula

2. Jerawat

Timbulnya jerawat menandakan kita kebanyakan mengasup makanan dengan indeks glikemik yang terlalu tinggi. Indeks glikemik memengaruhi kadar gula darah dan insulin.

Roti tawar, nasi, dan juga makanan bergula, termasuk makanan yang indeks glikemiknya tinggi. Mulailah beralih ke makanan dengan indeks glikemik rendah seperti biji-bijian.

Menurut suatu penelitian pada pria 15-25 tahun di Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics , makanan dengan indeks glikemik rendah dapat mengurangi jerawat.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

3. Lingkaran hitam

Munculnya lingkaran hitam di bawah mata dapat membuat wajah tampak tua. Penyebabnya bukan hanya kurang tidur, tapi juga kurang minum. Pastikan untuk minum cukup air setidaknya dua liter per hari.

Halaman:
Sumber Eat This
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com