Kompas.com - 14/12/2020, 12:58 WIB
Restoran Habjeongdon di Seoul, Korea Selatan yang dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting drakor Start-Up. https://m.blog.naver.com/bom9241/222034017205Restoran Habjeongdon di Seoul, Korea Selatan yang dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting drakor Start-Up.

KOMPAS.com - Sejak dilonggarkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan dibukanya kembali restoran, masyarakat mulai berani makan di luar untuk mencari suasana baru. 

Kendati demikian, sebaiknya pilih tempat makan yang memiliki sirkulasi udara baik atau idealnya di ruangan terbuka (outdoor).

Temuan terbaru dari para peneliti di Korea Selatan mengungkap bukti adanya penularan droplet (tetesan liur) yang mengandung virus corona melalui udara di sebuah restoran tertutup dalam jarak cukup jauh.

Dr Lee Ju-hyung, MD, PhD di Department of Preventive Medicine, Jeonbuk National University Medical School, Jeonju, Korea adalah salah satu yang terlibat dalam studi tersebut.

Selama pandemi, Lee tidak mendatangi restoran. Namun dalam beberapa kesempatan, dia melakukan eksperimen dengan pergi makan di luar dan mengeluarkan alat anemometer kecil untuk memeriksa aliran udara.

Baca juga: Bisa Menyebar Lewat Udara, Bagaimana Cegah Virus Corona di Ruangan Tertutup?

Pengecekan itu sudah dilakukannya sejak bulan Juni, di mana dia dan rekannya melihat kembali kondisi di sebuah restoran di Jeonju, kota di bagian barat daya Korsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu pengunjung yang tertular merupakan siswa SMA. Ia terinfeksi Covid-19 usai terpapar virus selama lima menit pada jarak lebih dari enam meter dengan pembawa virus.

Hasil studi Lee dan ahli epidemiologi lain diterbitkan pekan lalu di Journal of Korean Medical Science.

Dari temuan itu, ada kekhawatiran penerapan jarak fisik enam kaki atau dua meter tidak menjamin keamanan seseorang dari paparan virus corona.

"Dalam wabah ini, jarak penyebaran droplet antara pembawa virus dan orang lain seharusnya lebih jauh dari dua meter," tulis peneliti.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber LA Times
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.