Kompas.com - 14/12/2020, 15:15 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Selain faktor genetik, kecerdasan bayi juga dipengaruhi oleh nutrisi dan stimulasi dari orangtuanya. Pemberian stimulasi bisa berupa tindakan sederhana seperti sentuhan lembut.

Pemberian sentuhan yang dimulai sejak bayi dalam kandungan atau 1.000 hari pertama kehidupan terbukti berpengaruh besar bagi otak bayi.

“Pada bayi dalam kandungan sampai usia dua tahun terjadi pertumbuhan yang sangat pesat, di mana fondasi kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan saraf yang optimal ditetapkan,” kata dokter spesialis neurologi anak Herbowo Seotomenggolo, dalam talkshow virtual yang diadakan Nivea beberapa waktu lalu.

Sejak masa kehamilan, calon ibu disarankan untuk menyentuh perut bayi dan mengajaknya berkomunikasi. Lakukan berulang-ulang saat “bayi bangun”.

Setelah lahir, stimulasi sentuhan bisa dilakukan dengan melakukan inisiasi menyusu dini (IMD), memeluk dan mengayun bayi, melakukan pijatan, hingga sentuhan antarkulit.

Baca juga: Cegah Masalah Tumbuh Kembang Bayi dengan Rutin Periksa ke Faskes

“Manfaat dari sentuhan ini akan membantu perkembangan amigdala, yaitu bagian otak yang mengatur emosi dan memori. Bayi yang rutin diberi sentuhan juga memiliki peningkatan kemampuan bicara,” papar Herbowo.

Dia menambahkan, prinsip stimulasi adalah dilakukan sejak dini (masa kehamilan) dan dengan jangka waktu lebih lama.

“Lakukan secara berulang. Program yang lebih intensif memberi hasil lebih besar,” katanya.

Meski begitu, Herbowo mengingatkan adanya perbedaan individu. Karenanya, jangan mudah membanding-bandingkan dengan anak lain.

“Walau hasilnya mungkin beda-beda, tetapi stimulasi tetap dapat menghasilkan kemajuan berbeda. Selain itu, menurut penelitian stimulasi oleh ibu lebih baik dibandingkan ayah dan bayi,” katanya.

Baca juga: Manfaat Pelukan untuk Kualitas Hidup



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X