Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenali Parfum yang Mahal dan Murah, Sudah Tahu?

Kompas.com - 15/12/2020, 15:36 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Untuk melengkapi penampilan agar lebih lebih percaya diri, beberapa orang mengandalkan wewangian atau parfum.

Namun, tidak semua orang mampu mengeluarkan uang ekstra guna membeli parfum bermerek yang mahal. Ada yang bisanya membeli wewangian dengan harga murah dan terjangkau.

Nah, tapi bagaimana kita mengenali parfum mahal dan murah selain dari harganya?

Pembuat parfum dan aromaterapi Tatiana Estevez mengatakan, tidak ada ukuran yang mutlak untuk bisa mengenali parfum mahal maupun murah.

"Banyak hal yang kami anggap menarik tentang aroma terkait dengan ingatan terhadap apa yang terasosiasi dengan aroma itu," ungkapnya.

Apa yang oleh seseorang dianggap sebagai aroma tidak enak, bagi orang lain mungkin harum karena mengingatkannya pada sesuatu yang indah.

Karenanya aroma yang tidak kamu sukai belum tentu murah, dan sebaliknya. Tak heran pilihan orang terhadap parfum pun berbeda-beda.

Meski demikian, ada beberapa perbedaan halus yang dapat ditemukan untuk mengetahui apakah sebuah parfum cenderung lebih murah. Pertama, parfum yang murah cenderung lebih manis.

"Ini bukan semata-mata karena bahan-bahan yang beraroma manis lebih murah daripada yang lain," terangnya.

"Karena parfum murah cenderung dipasarkan untuk orang yang lebih muda, yang cenderung memiliki lebih sedikit uang," sambung dia.

Dalam banyak penelitian, pemakai wewangian yang berusia muda cenderung menyukai aroma manis, yang mudah dikenali.

Sementara mereka yang sudah lama memakai parfum memiliki kecenderungan untuk menyukai aroma yang lebih kompleks dan tidak terduga.

Baca juga: 7 Cara Memakai Parfum agar Wanginya Tahan Lama

Estevez juga menjelaskan perbedaan yang lebih besar, bahwa parfum yang mahal cenderung bertahan lebih lama.

Menurut dia, parfum paling murah dapat meniru top notes atau wangi awal versi mahal. Jadi aroma yang muncul seolah sama dengan parfum mahal, namun hanya bertahan sebentar.

Tanpa essential oil yang tepat untuk menambahkan aroma yang muncul kemudian, yakni mid-notes dan base-notes, parfum tidak akan tahan lama.

"Cobalah semprot parfum mahal dan murah dan bagaimana aroma kedua parfum tersebut di kulit setelah dua jam, empat jam, dan enam jam," ujarnya.

"Parfum yang lebih murah mungkin berubah menjadi berbau tidak sedap atau tidak berbau sama sekali," imbuh dia.

Sementara parfum yang berkelas, aromanya akan menjadi semakin berkarakter.

Pada akhirnya, kita bebas memilih wewangian yang sesuai dengan anggaran dan selera. Kita juga bisa membeli parfum dengan aroma yang membuat bahagia, berapapun harganya.

Baca juga: Jangan Salah Pakai, Kenali Beda Parfum dan Cologne

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com