Kompas.com - 15/12/2020, 18:27 WIB
Ilustrasi anjing maltese SHUTTERSTOCK/MARY RICEIlustrasi anjing maltese

KOMPAS.com - Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing sering kali dibebaskan berkeliaran di dalam rumah. Bahkan sampai ada yang tidur dengan pemiliknya.

Namun terkadang ada situasi tertentu yang membuat hewan peliharaan terpaksa untuk 'diasingkan' sementara waktu.

Ternyata hal ini dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan mental hewan peliharaan.

Penelitian terbaru dari Ontario Veterinary College (OVC) University of Guelph menemukan, memisahkan anjing dari pemiliknya dapat meningkatkan stres.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Veterinary Medical Association mencatat, anjing yang dipisahkan dari pemiliknya menunjukkan lebih banyak tanda-tanda fisiologis serta perilaku ketakutan dan stres.

Dalam jangka pendek, stres dapat mengganggu kesejahteraan anjing. Bahkan yang lebih buruk, anjing terkadang bersikap agresif sebagai reaksi ketakutan, yang dapat berbahaya bagi manusia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Benarkah Anjing Bisa Lihat Hantu?

"Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat dampak pemisahan anjing dari pemiliknya. Hal ini sering terjadi selama prosedur kedokteran hewan."

Demikian yang diungkap Prof Lee Niel dari Department of Population Medicine and the Col. K.L. Campbell Chair di Companion Animal Welfare kepada Guelph Today.

Penulis utama penelitian Anastasia Stellato mengatakan, tujuan penelitian ini adalah menemukan cara untuk mengurangi stres pada anjing.

Tak jarang saat diperiksa ke dokter hewan, anjing dipisahkan sementara dari pemiliknya. Ini ternyata membuat anjing merasa takut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.