Kompas.com - 16/12/2020, 09:41 WIB
Ilustrasi patah hati bingokidIlustrasi patah hati

KOMPAS.com— Saat sebuah hubungan terlalu menyakitkan untuk dilanjutkan atau perbedaan dengan pasangan terlalu besar, mengakhiri hubungan mungkin adalah hal terbaik yang bisa diputuskan.

Namun, kita sering tak mampu mengatakannya. Kita cenderung memikirkan bagaimana perasaan pasangan dan pendapat orang jika hal ini diungkapkan.

Sebenarnya, memutuskan sebuah hubungan lantaran sudah tak ada kecocokan bisa dilakukan dengan cara-cara yang tak terlalu menyakitkan.

Berikut adalah cara terbaik untuk katakan putus menurut para ahli.

Baca juga: Putus Cinta, Berat Badan Chef Marinka Turun 8 Kg

1. Katakan yang sebenarnya, tapi jangan terlalu kejam

Seseorang mungkin akan merasa buruk saat tahu mereka telah dicampakkan atau tak lagi diinginkan. Tetapi, menjadi pihak yang mengakhiri hubungan juga sebuah beban.

“Jika kamu ingin mengakhiri suatu hubungan, kamu berhutang kepada orang lain untuk menjelaskan alasannya,” kata Rachel Sussman, psikoterapis New York City dan penulis The Breakup Bible.

“Orang-orang yang saya lihat mengalami saat tersulit setelah putus cinta, itu karena mereka tidak mengerti alasannya,” kata Sussman.

Idealnya, alasan yang diungkap tidak boleh mengejutkan orang lain. Masalah kerap terjadi pada sebuah hubungan dan kamu berdua pernah mencari solusinya, namun gagal.

Guy Winch, psikolog Kota New York dan penulis How to Fix a Broken Heart, mengungkapkan pendapat yang sama, harus ada alasan kuat untuk mengakhiri hubungan.

Baca juga: Ini Tanda-tanda Kamu Harus Putus dengan Kekasih

Halaman:


Sumber TIME
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X