Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/12/2020, 11:02 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber TIME

KOMPAS.com — Hubungan seksual yang teratur dan menyenangkan merupakan salah satu rahasia pernikahan yang langgeng. Bahkan, pasangan yang masih bercinta sampai usia tua akan lebih menikmati hidupnya.

“Konsepsi umum adalah bahwa orang dewasa yang lebih tua tidak seaktif secara seksual seperti orang yang lebih muda, atau tidak berhubungan seks sama sekali,” kata rekan penulis studi Lee Smith, seorang pembaca epidemiologi di Anglia Ruskin University, Inggris.

Meski aktivitas seksual menurun, mereka yang sudah memasuki usia senja sebenarnya tidak aseksual.

Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian pada lansia di Amerika yang berusia di antara 65-80 tahun, 40 persen di antaranya mengatakan bahwa mereka masih melakukan hubungan seks.

Dalam penelitian yang dimuat di jurnal Sexual Medicine itu, Smith dan rekannya memeriksa data dari hampir 7.000 orang dewasa di Inggris yang berusia 50 hingga 89 tahun. Mereka melaporkan sendiri bagaimana dan seberapa sering mereka berhubungan seks.

Baca juga: Kehidupan Seks Kurang Memuaskan, Bagaimana Mengungkapkannya pada Pasangan?

Para responden itu setuju bahwa hubungan seks bisa meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan mereka.

Beberapa dari mereka menjawab “Saya menikmati hal-hal yang saya lakukan" dan "Saya merasa penuh energi hari ini”.

Berdasarkan jawaban mereka, setiap orang kemudian diberi skor tingkatan menikmati hidup pada skala 0 hingga 15.

Orang dewasa yang aktif secara seksual cenderung memiliki skor kualitas hidup total yang lebih tinggi, begitu pula mereka yang melaporkan merasa dekat dengan pasangannya.

Temuan tersebut menunjukkan bahwa aktivitas seksual dalam bentuk apa pun penting untuk orang dewasa yang lebih tua.

“Hal ini mungkin bisa terjadi karena kemampuan bercinta untuk menghasilkan endorfin dan menumbuhkan perasaan kedekatan emosional,” kata Smith.

Baca juga: Kunci Kebahagiaan Jangka Panjang, Mau Tahu?

Tentu saja, seks mungkin bukan satu-satunya hal yang membuat orang bisa menikmati hidup. Orang dewasa yang lebih bahagia dan lebih sehat pada awalnya cenderung melakukan lebih banyak seks.

Penelitian Smith tidak dapat membuktikan apakah seks menyebabkan kebahagiaan atau justru sebaliknya. Bagi Smith, hal ini bisa terjadi jika ada sambutan hangat dari pasangan sehingga hubungan bisa berjalan dua arah.

Namun, Smith mengatakan, tidak ada salahnya mendorong orang dewasa dari segala usia untuk memprioritaskan seksualitas mereka sebagai bagian dari memelihara kesehatan.

Hal itu terutama karena kenikmatan hidup dan kesejahteraan terkait dengan segala hal mulai dari kesehatan mental yang lebih baik hingga tingkat penyakit kronis yang lebih rendah.

Baca juga: Gairah Seks Hilang? Mungkin Ini Penyebabnya...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber TIME
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com