Kompas.com - 16/12/2020, 13:15 WIB
Ilustrasi ketombe shutterstockIlustrasi ketombe

KOMPAS.com - Ketombe adalah masalah pada kulit kepala yang banyak dialami oleh masyarakat dari berbagai usia dan kalangan.

Kondisi ini memiliki tanda-tanda khas seperti kulit kepala yang gatal dan mengelupas.

Ada beberapa penyebab ketombe, seperti kulit kering, dermatitis seboroik, kepekaan terhadap produk rambut dan pertumbuhan jenis jamur tertentu yang hidup di kulit kepala.

Meski ada banyak produk yang dikhususkan untuk mengatasi masalah ketombe, namun ada pula beberapa perawatan rumahan yang bisa dijadikan pengobatan alami ketombe.

Beberapa perawatan rumahan tersebut antara lain:

1. Mengoleskan minyak kelapa
Dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan, minyak kelapa ternyata juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi ketombe.

Menurut Healthline, minyak kelapa dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kering di kulit kepala, yang dapat memperburuk ketombe.

Mengaplikasikan minyak kelapa ke kulit kelapa selama delapan minggu diyakini dapat mengurangi gejala ketombe hingga 68 persen, dibandingkan dengan menggunakan kelompok minyak mineral yakni sebesar 38 persen.

Beberapa penelitian dengan tabung reaksi juga membuktikan bahwa minyak kelapa dan senyawanya memiliki sifat anti-mikroba, meskipun efek pada strain spesifik jamur yang menyebabkan ketombe belum diteliti.

Baca juga: Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

2. Mengaplikasikan lidah buaya
Lidah buaya sering dijadikan bahan yang ditambahkan ke dalam berbagai produk salep kulit, kosmetik, hingga lotion.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X