10 Manfaat Memakai Kondom Saat Berhubungan Seks

Kompas.com - 16/12/2020, 22:23 WIB
Ilustrasi kondom. SHUTTERSTOCKIlustrasi kondom.

KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal kondom sebagai alat kontrasepsi sekaligus pengaman dari risiko penularan penyakit saat berhubungan seks.

Memang, kondom tidak benar-benar menjamin penggunanya terbebas dari infeksi menular seksual. Namun setidaknya, penggunaan kondom membantu mengurangi risiko tersebut.

Nah, selain dua hal itu ada sejumlah manfaat yang bisa didapat dengan penggunaan kondom saat berhubungan seks.

Baca juga: 3 Fakta tentang Kondom Aneka Rasa yang Jarang Diketahui

1. Mencegah infeksi menular seksual

Seperti disebutkan di atas, kondom adalah satu-satunya alat untuk mencegah infeksi menular seksual selama hubungan seks.

Hal itu pula yang ditegaskan Kecia Gaither, MD, pemilik sertifikasi dewan ganda Ob-gyn dan kedokteran janin ibu, serta direktur layanan perinatal di NYC Health + Hospitals/Lincoln.

Kemudian, penggunaan dental dam atau dam gigi berfungsi mengurangi risiko serupa saat melakukan seks oral.

Sedangkan finger cots atau kondom jari tangan diperlukan sebagai pencegahan terhadap infeksi menular seksual selama jari tangan menyentuh organ vital wanita atau pria.

2. Mencegah kehamilan

Kondom internal dan eksternal dapat membantu mengurangi risiko kehamilan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X