Kompas.com - 17/12/2020, 10:35 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Beberapa studi mengungkap kopi memiliki manfaat kesehatan. Namun jika dikonsumsi berlebihan, kopi dapat menimbulkan efek negatif bagi tubuh.

Selain jumlah asupan, cara kita meminum kopi juga mampu memengaruhi kondisi kesehatan, seperti dijelaskan dalam temuan studi yang dimuat di The Journal of Hazardous Materials.

Studi itu menemukan, kopi, teh, dan minuman panas lain yang diminum dari wadah berupa gelas kertas dengan lapisan film plastik dapat membuat tubuh terpapar partikel mikroplastik berbahaya.

Partikel tersebut berpotensi menimbulkan dampak berbahaya bagi kesehatan tubuh.

"Rata-rata orang yang minum tiga cangkir teh atau kopi setiap hari dalam gelas kertas akan menelan 75.000 partikel mikroplastik kecil yang tidak terlihat dengan mata telanjang," kata penulis utama studi Sudha Goel, MD.

"Dalam 15 menit kopi atau teh dibiarkan sebelum dikonsumsi, lapisan mikroplastik di gelas kertas akan terurai," tambahnya.

Baca juga: Bayi Telan Jutaan Partikel Mikroplastik dari Botol Susu, Benarkah?

Studi dilakukan oleh tim peneliti akademis di India Institute of Technology.  Partikel mikroplastik didefinisikan sebagai potongan kecil plastik atau serat sintetis berukuran 5 mm atau kurang.

Partikel ini ada di produk yang dekat dengan kita setiap harinya, seperti ban mobil, pakaian, dan produk kecantikan.

Laporan studi mengatakan mikroplastik yang jumlahnya banyak menemukan jalan ke sumber air dan lautan bumi, dan menimbulkan ancaman bagi kehidupan laut maupun manusia.

Mikroplastik

Halaman:


Sumber Eat This
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X