Kompas.com - 17/12/2020, 13:37 WIB
Aktris Sandra Dewi saat peluncuran buku seri Sikap Baik: Terima Kasih dan Maaf. Webinar Tentang AnakAktris Sandra Dewi saat peluncuran buku seri Sikap Baik: Terima Kasih dan Maaf.

KOMPAS.com— Artis peran Sandra Dewi memilih mengajarkan kedua putranya, Raphael dan Mikhael, untuk terbiasa mengucapkan "terimakasih" dan "maaf" sejak dini.

Bagi Sandra, mengucap terimakasih selalu ia terapkan bahkan dalam hal yang sederhana.

"Sebenarnya dari kecil sudah dibiasakan untuk berterima kasih. Kalau misalnya Raphael, meminta makan camilan, menerima barang, aku mengharuskan dia untuk berterima kasih,” ujar Sandra Dewi dalam peluncuran Buku Seri Baik untuk anak usia dini "Terima kasih" dan "Maaf”.

Selain itu, Sandra juga tak ragu untuk memberi contoh pada anak. Ia bahkan kerap meminta maaf pada dua putranya jika melakukan kesalahan.

"Aku tidak pernah gengsi untuk minta maaf karena aku ngerasa aku juga mesti banyak belajar dan mesti memperbaiki diri. Aku pengin anak-anakku juga begitu," kata Sandra lagi.

Baca juga: Tak Gengsi Minta Maaf Pada Anak, Sandra Dewi: Aku Ingin Mereka Juga Begitu

Selain lewat contoh langsung, ia juga memilih mengajarkan kebiasaan baik melalui buku yang sesuai dengan tingkat perkembangan dua anaknya yang masih balita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jadi, aku biasa siang ngajakin mereka baca bareng dan itu bonding juga ya sama anak. Sambil bacain, sambil mengajarkan (maaf dan terimakasih), bonding juga sama anak," ujar Sandra.

Salah satu buku yang kini sedang kerap dibacakan Sandra untuk kedua putranya adalah buku seri Sikap Baik berjudul “Terima Kasih” dan “Maaf.

Kedua buku ini merupakan hasil kerja bersama dr. Mesty Ariotedjo Sp. A, Gianti Amanda, S. Psi, Montessori Dipl, seorang praktisi anak usia dini, serta Reda Gaudiamo (penulis buku anak), dan Bellansori (Illustrator).

Buku ini lahir dari kepedulian Mesty yang sadar betul bahwa 1.000 hari pertama kehidupan, 80 persen otak seorang anak sedang terbentuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.