Kompas.com - 17/12/2020, 20:09 WIB
Ilustrasi virus corona atau Covid-19 SHUTTERSTOCKIlustrasi virus corona atau Covid-19

KOMPAS.com - Strain atau varian baru virus corona dikabarkan ditemukan di Inggris. Kabar itu disampaikan Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock.

Strain baru itu membuat Covid-19 lebih cepat menyebar sehingga terjadi peningkatan kasus di bagian tenggara Inggris. Sedikitnya sekitar 1.000 orang tercatat terinfeksi Covid-19 strain baru tersebut.

Kabar mengenai virus yang berubah dan bermutasi memang terdengar menyeramkan. Namun wajar jika virus akan bermutasi dan kita tak perlu panik.

Virus dapat memiliki perubahan kecil atau mengubah dirinya sedemikian rupa sehingga memberi dampak buruk saat menginfeksi seseorang.

Tidak ada bukti jelas apakah strain baru dari virus corona yang terdeteksi di beberapa bagian  Inggris bisa menginfeksi orang dengan lebih mudah, memicu gejala lebih serius atau membuat vaksin tidak berguna.

Baca juga: Perkembangan Terbaru Vaksin Corona, Munculkan Banyak Harapan

Namun, fenomena strain baru di Inggris tenggara menjadi perhatian para ilmuwan. Pertama, tingkat varian virus lebih banyak di area di mana kasus lebih tinggi ditemukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Virus dapat bermutasi untuk menyebar lebih mudah dan menyebabkan lebih banyak orang terinfeksi.

Tetapi ada kemungkinan varian baru virus juga mendapat celah dengan menginfeksi orang yang tepat atau rentan pada waktu yang tepat.

Contohnya, penyebaran Spanish strain atau strain Spanyol di musim panas kemarin, di mana orang-orang terpapar virus selama berlibur, kemudian membawa virus tersebut pulang ke rumah.

Spanish strain adalah jenis virus corona yang muncul di Spanyol pada bulan Juni, dan menyebar ke seluruh Eropa di akhir musim panas dan musim gugur.

Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.