Kompas.com - 18/12/2020, 12:43 WIB
Pekerja melakukan perawatan terhadap kucing peliharaan di Kopi Cat Cafe by Groovy, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Menanggapi imbauan pemerintah untuk melakukan jaga jarak sosial, kafe hewan Kopi Cat Cafe by Groovy tutup sementara. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPekerja melakukan perawatan terhadap kucing peliharaan di Kopi Cat Cafe by Groovy, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Menanggapi imbauan pemerintah untuk melakukan jaga jarak sosial, kafe hewan Kopi Cat Cafe by Groovy tutup sementara.

KOMPAS.com – Bagi pecinta hewan, memiliki kucing dapat mendatangkan kebahagiaan. Saat sedang galau, bermain-main dengan kucing yang lucu dapat membuat pikiran lebih tenang.
Tapi, bagaimana dengan kucing sendiri? Apakah kucing merasa bahagia bersama pemiliknya?

Faktanya, kebanyakan kucing mencintai pemiliknya dan itu didukung oleh bukti ilmiah. Hasil temuan penelitian oleh tim Oregon State University menyebut kebanyakan kucing "terikat" dengan pemiliknya.

Peneliti mengamati 70 anak kucing berusia antara 3-8 bulan. Mereka menemukan mayoritas anak kucing (64 persen) memiliki keterikatan dengan pemiliknya dan merasa aman.

Di sisi lain, sejumlah pakar hewan mengemukakan tanda-tanda yang menunjukkan kucing bahagia dengan pemiliknya. Berikut ulasannya.

Baca juga: Tidur Bareng Kucing? Waspadai 4 Risiko yang Mengintai

1. Senang bersentuhan atau bergesekan

Kucing yang hidup bersama dengan pemiliknya memiliki ikatan sosial yang kuat. Kucing ini akan menggesekkan atau menyentuhkan badan ke pemiliknya saat merasa senang.

“Ada teori yang menunjukkan saat kucing menggesekkan badan ke pemiliknya, hewan ini  meninggalkan minyak dari kelenjar aroma di kepala, pipi, dan dagunya,” ujar ahli perilaku hewan Wailani Sung, DVM, PhD.

Meninggalkan aroma adalah cara kucing untuk menandai ‘kepemilikannya’ terhadap sesuatu, termasuk pemiliknya. Selain itu, ini juga pertanda kucing menyukai dan senang melihat pemiliknya.

Baca juga: Kata Siapa Kucing Tak Bisa Dilatih dan Diberi Perintah? Ini Caranya

2. Membuat gerakan "menguleni"

Saat kucing membuat gerakan seperti menguleni adonan atau memijit-mijit di atas selimut, bantal, atau bahkan tubuh pemiliknya, ini terlihat menggemaskan. Tapi sekaligus menjadi tanda suasana hatinya sedang sangat baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X